1. Bersihkan Puting Setelah Menyusui

Setelah menyusui ada baiknya Mom langsung membersihkan area puting menggunakan sabun antibakteri. Selain itu mom juga bisa membersihkannya dengan air hangat pada sekitar payudara, untuk menghilangkan bekas tetesan asi yang tumpah. 
 

source: https://id.pinterest.com



 

2. Sesekali Lakukan Pijat Payudara

Memijat secara rutin merupakan salah satu hal yang penting merawat payudara agar tetap sehat selama menyusui. Fungsinya adalah untuk membuat peredaran darah dan asi agar tetap lancar. Mom bisa melakukannya sendiri dengan cara memijat secara memutar atau menggunaka ibu jari atau telunjuk. Lakukan minimal 1-2 kali dalam sehari. 
 

source: https://hellosehat.com



 

baca juga



3. Gunakan Bra dengan Kualitas Baik

Saat menyusui biasanya Mom suka berkeringat, terlebih ketika berada di luar ruangan. Sebaiknya gunakan bra dengan material bahan yang mudah menyerap keringat. Selain itu, Mom juga bisa menggunakan bra khusus agar memudahkan saat ingin menyusui si kecil.
 

source: https://id.pinterest.com



 

4. Oleskan ASI Pada Puting 

Merawat payudara ternyata juga bisa menggunakan air susu mom sendiri lho. Caranya oleskan sedikit ASI pada seluruh permukaan puting hingga merata. Fungsi ASI di sini adalah untuk mencegah infeksi dan membuat puting menjadi lembab. 
 

source: https://id.pinterest.com