Salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah dapat membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Sehingga daun pandan bisa mencegah seseorang terkena diabetes karena ekstrak daun pandan dapat meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas.

Manfaat daun pandan lainnya yakni membantu mengatasi rematik, nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti kepala, menetralisir racun di dalam tubuh, meningkatkan nafsu makan, menenangkan pikiran atau meredakan stres serta membantu melawan kanker. Kabar baiknya, dalam hal kecantikan pun daun pandan memiliki manfaat. Berikut manfaat daun pandan untuk kecantikan.

Daun pandan untuk hilangkan flek hitam

Menjalani rutinitas di luar membuat wajah sering terkena sinar UV dan debu polusi yang menyebabkan kulit wajah jadi kusam dan flek hitam bermunculan. Kalau sudah seperti itu, moms harus buru-buru melakukan perawatan wajah agar kulit wajah tetap sehat dan tetap terlihat fresh. Salah satu perawatan yang bisa moms lakukan yakni dengan bermodal daun pandan.

Daun pandan memang dipercaya ampuh mengatasi masalah kulit seperti panu dengan meminum sari daun pandan setiap hari. Masalah pada kulit kepala seperti ketombe juga bisa teratasi lho moms. Nah bagaimana dengan kulit wajah yg memiliki flek hitam? Moms tidak perlu khawatir. Masker daun pandan memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat, menghilangkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati, serta mengangkat komedo. Hal tersebut bisa moms lakukan dengan memanfaatkan daun pandan sebagai bahan scrub wajah dengan menghaluskan daun pandan dan men-scrub secara merata ke seluruh wajah. Moms bisa juga membuat masker daun pandan.

Daun pandan untuk hilangkan flek hitam
baca juga

cara membuat masker daun pandan

Bahan yang perlu disiapkan:
1. Satu sendok teh air perasan daun pandan
2. Madu secukupnya
3. Air perasan lemon secukupnya
4. Minyak zaitun secukupnya

Cara membuat:
1. Moms cukup campurkan semua bahan di atas, kemudian aduk bahan-bahannya secara merata.
2. Setelah di aduk, oleskan ke wajah secara merata. Diamkan masker selama kurang lebih 15-25 menit.
3. Setelah masker mengering, bilas wajah hingga bersih.
Tenang saja moms, bahan-bahan membuat masker daun pandan di atas aman sekali untuk wajah.

cara membuat masker daun pandan