Bulan Ramadhan

Jangan Lewatkan, Ini Dia Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
source: https://people.howstuffworks.com/

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam. Pada bulan ini, banyak keutamaan yang sangat dianjutkan untuk dilakukan, khususnya dalam beribadah. Selain puasa, ada pula shalat tarawih, tadarus, sedekah, hingga berzakat fitrah menjelang hari raya Idul Fitri. Namun, tidak hanya sederet ibadah yang membuat bulan ini spesial. Berikut ini adalah daftar keistimewaan bulan Ramadhan yang tidak boleh Mommy lewatkan :

  1. Bulan di mana ada malam Lailatul Qadar
  2. Bulan diturunkannya Al-Quran
  3. Bulan saat pahala dilipatgandakan
  4. Bulan dikabulkannya doa
  5. Bulan pengampunan
  6. Bulan saat pintu kebaikan dibuka lebar

Puasa Ramadhan

Jangan Lewatkan, Ini Dia Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
source: https://metro.co.uk/

Di bulan Ramadhan, para muslim diwajibkan untuk berpuasa dari fajar hingga matahari tenggelam. Tidak hanya menahan makan dan minum, saat berpuasa Mommy juga harus menjaga diri dari hal-hal yang kurang baik. Sebut saja bergosip, berbohong, marah, larut dalam kesedihan, dan lain sebagainya. Pada bulan ini, para umat Islam dilatih untuk bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik sesuai dengan ajaran dan anjuran agama.

baca juga

Keistimewaan Puasa Ramadhan

Jangan Lewatkan, Ini Dia Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
source: https://www.parentmap.com/

Puasa Ramadhan tidak hanya akan memberikan kebaikan berupa pahala yang banyak. Umat Islam yang menjalani puasa dengan sungguh-sungguh juga akan memperoleh banyak keistimewaan, baik itu dari segi kesehatan jasmani dan ruhani. Saat berpuasa, seseorang akan melatih diri menahan hawa nafsu, baik itu makan, minum, hingga beragam luapan emosi. Selain itu, puasa juga terbukti banyak memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, saat berpuasa terjadi proses autolisis dalam tubuh, yaitu proses pembuangan sel-sel tubuh yang mati atau rusak.

Rukun Puasa Ramadhan

Jangan Lewatkan, Ini Dia Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
source: https://www.abc.net.au/

Dalam menjalankan ibadah, tentu ada tata cara yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah rukun melakukan puasa Ramadhan yang wajib diketahui agar ibadah menjadi sah :

  1. Niat Puasa Ramadhan. Jangan sepelekan niat saat akan menjalankan semua ibadah karena kebaikan sudah mulai dihitung saat seseorang berniat melakukan sebuah ibadah. 
  2. Menahan diri dari makan, minum, serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa. 
baca juga

Sunnah Puasa Ramadhan

Jangan Lewatkan, Ini Dia Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam
source: https://www.vox.com/

Terakhir, untuk menyempurnakan dan menambah nilai kebaikan dari amal ibadah di bulan Ramadhan, ada baiknya Mommy melengkapi puasa dengan beragam anjuran dan sunnah, seperti :

  1. Bersantap sahur
  2. Menyegerakan berbuka puasa
  3. Membaca doa buka puasa
  4. Membatalkan puasa dengan yang manis
  5. Bersedekah dengan memberi makan pada orang yang berpuasa
  6. Memperbanyak ibadah sunnah seperi shalat sunnah, bertadarus, dan lain-lain.