Sepertinya setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan, terutama pada tangan. Kesemutan merupakan sensasi tidak nyaman seperti tersengat, kebas, atau bahkan mati rasa. Kesemutan bisa menyerang bagian tubuh manapun, tapi biasanya kesemutan yang terjadi pada tangan disebabkan siku terbentur atau tangan dibiarkan pada posisi tertentu dalam waktu yang lama. Kondisi ini umumnya bersifat sementara dan umumnya tidak memerlukan pengobatan, karena sensasi kesemutan dapat hilang dengan sendirinya.

Jangan Sepelekan Kesemutan di Tangan, Bisa Jadi 4 Penyakit Ini Penyebabnya, Moms

Penyebab Tangan Kesemutan

Meskipun tampak sepele, ternyata kesemutan yang terjadi di tangan bisa menjadi indikasi adanya penyakit berbahaya. Hal ini bisa disimpulkan apabila keluhan kesemutan pada tangan terjadi berulang dan menetap (kronis), disertai bengkak atau nyeri yang sampai mengganggu kualitas aktivitas. Untuk mengobati keluhan kesemutan di tangan yang berulang ini terlebih dulu harus diketahui penyebabnya, jika penyebab utama kesemutan sudah diketahui maka gangguan ini dapat dihilangkan.

Penyebab Tangan Kesemutan
baca juga

Diabetes

Kesemutan kronis terjadi bisa disebabkan karena pembuluh darah kecil terganggu. Jika pembuluh darah yang rusak atau terganggu adalah pembuluh darah yang memasok saraf di jari tangan maka sensasi kesemutan, sakit, atau mati rasa bisa dirasakan. Hal ini dapat menimpa para penderita diabetes, kondisi tangan yang kesemutan dan mati rasa bisa membuat penderita diabetes tidak merasa sakit saat tangannya terluka. Hal tersebut tentu berbahaya karena luka pada penderita diabetes lebih susah sembuh dan bisa berkembang menjadi gangren.

Diabetes

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Sindrom ini disebut juga dengan istilah sindrom terowongan kapal. CTS merupakan kondisi di mana saraf rusak yang disebabkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan. Salah satu ciri dari CTS yaitu tangan kesemutan terutama pada malam hari, pergelangan tangan sakit saat menggenggam barang atau adanya gangguan koordinasi tangan. CTS biasa terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus. Beberapa orang yang berisiko menderita CTS yaitu mereka yang sering bekerja dengan menggunakan tangan seperti untuk mengetik, menulis, dan mengemas barang.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
baca juga

Rheumatoid Arthritis

Gejala Rheumatoid Arthritis di tangan adalah sendi tangan dan jari-jari terasa hangat, bentuk sendi tampak cacat, serta nyeri atau rasa kaku pada saat bangun tidur yang terjadi selama lebih dari satu jam. Gejala Rheumatoid Arthritis mirip dengan CTS, yaitu timbulnya sensasi kesemutan pada pergelangan tangan yang sangat mengganggu, terutama terjadi pada malam hari. 

Rheumatoid Arthritis

Gangguan Tiroid

Disebut juga dengan hipotiroidisme, kondisi ini membuat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup. Beberapa keadaan yang dapat terjadi akibat kondisi ini adalah tangan kesemutan, kelelahan, peningkatan berat badan, kulit kering, hingga rambut rontok.

Gangguan Tiroid

Kekurangan Vitamin B

Vitamin B memiliki peranan untuk menjaga sistem saraf dalam tubuh. Oleh karena itu kekurangan vitamin B dapat menyebabkan beberapa gangguan tubuh yang berhubungan dengan saraf, salah satu yang sering terjadi adalah kondisi kesemutan yang terjadi pada tangan.

Kekurangan Vitamin B