Tips tidak mengantuk saat shalat tarawih
Beberapa orang mengeluhkan rasa kantuk saat melaksanakan shalat tarawih. Sehingga dalam pelaksanaan shalatnya tidak bisa khusyuk. Alhasil, bukannya mendapat berkah, malah merasa lelah. Padahal shalat tarawih ini hanya ada satu tahun sekali lho Moms. Sayang banget kan, kalau kita lewati dengan tertidur ataupun tidak sadar dalam pelaksanaan shalat tarawih.

5 Tips Atasi Kantuk Saat Shalat Tarawih. Nomor 4 Seru Banget nih, Moms!
source: http://cariuntuktau.blogspot.com/?m=1

Maka, Moms harus segera bertindak nih. Jangan sampai rasa kantuk tersebut terus menghampiri di kala Moms sedang ingin berkomunikasi dengan Allah SWT. Tapi, bagaimana cara mengatasi kantuk saat shalat tarawih ya?

Jangan makan berlebihan saat berbuka
Saat waktu berbuka telah tiba, seringkali kita "balas dendam" sehingga tidak bisa mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Porsi makan yang tidak terkontrol saat berbuka menyebabkan perut kita bekerja terlalu keras. Dampak dari hal tersebut tubuh kita lelah, otak sulit berkonsentrasi dan mata mengantuk. Akhirnya shalat tarawih sambil ngantuk.

5 Tips Atasi Kantuk Saat Shalat Tarawih. Nomor 4 Seru Banget nih, Moms!
source: https://ceknricek.com/mobile/kiat-puasa-kerja-lancar-sehat-pula/722

Untuk itu berbukalah sekedarnya saja, minum segelas air putih dan manis tambah makanan ringan seperti 3 biji kurma. Kemudian lanjutkan dengan sholat magrib setelah itu makan malam sekedanya juga jangan sampai terlalu kekenyangan.

baca juga

Minum air putih lebih banyak
Untuk menghindari makan yang berlebihan tersebut, Moms bisa lebih memperbanyak minum air putih setelah berbuka.

5 Tips Atasi Kantuk Saat Shalat Tarawih. Nomor 4 Seru Banget nih, Moms!
source: https://www.google.co.id/amp/m.tribunnews.com/amp/tribunners/2017/12/07/alasan-anda-harus-banyak-minum-air-putih

Air putih selain baik untuk kesehatan, juga akan mengisi kembali tubuh Moms yang terhidrasi selama berpuasa. Bisa juga minum jahe hangat agar tubuhmu nyaman dan tidak merasa mengantuk.

Hindari tidur-tiduran setelah berbuka
Alih-alih ingin beristirahat sebentar dengan tidur-tiduran setelah berbuka puasa, malahan membuat Moms jadi semakin mengantuk. Hal yang dianjurkan setelah berbuka puasa adalah melakukan olahraga ringan seperti peregangan dan jalan-jalan. Ini cara yang baik agar tubuh Moms menjadi lebih segar.

5 Tips Atasi Kantuk Saat Shalat Tarawih. Nomor 4 Seru Banget nih, Moms!
source: http://thr.kompasiana.com/dewi_puspa/5b127b5d16835f2be2741012/lima-mitos-batal-puasa-pernah-mendengarnya

Pergi ke masjid dengan keluarga atau teman
Saat pergi tarawih bersama dengan keluarga atau teman adalah cara seru untuk bisa mendekatkan tali silaturahmi kita Moms. Selama perjalanan ke masjid disertai obrolan-obrolan ringan sehingga rasa kantuk pun hilang. Jika perlu pilihlah rute masjid paling jauh, sekalian membakar kalori berbuka puasa.

baca juga

Mantapkan niat
Jadikan bulan Ramadhan sebagai moment untuk berlatih menjadi lebih baik lagi ibadahnya. Dengan begitu, akan menjadi kebiasaan yang bisa dinikmati setiap kali melakukannya. 

5 Tips Atasi Kantuk Saat Shalat Tarawih. Nomor 4 Seru Banget nih, Moms!
source: https://www.hipwee.com/style/ramadhan-sebentar-lagi-inilah-5-tips-berpakaian-supaya-tarawihmu-semakin-nyaman/

Karena belum tentu kita bisa bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan, alangkah baiknya jika memaksimalkan ibadah tahun ini. Siapa tahu justru pahala tarawih yang khusyuk inilah yang menyelamatkan kita nanti di hari pembalasan.

Berikut tadi tips yang bisa Moms lakukan jika rasa kantuk menyerang ketika melaksanakan shalat tarawih. Semoga bermanfaat ya!