Menu Sahur

Untuk melaksanakan ibadah puasa, setiap orang dianjurkan untuk melaksanakan sahur untuk memenuhi kebutuhan tubuh hingga magrib. Asupan nutrisi saat sahur diolah untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama sehari penuh.  Bagi merek yang kuat, menjalankan ibadah puasa memang terlihat sangat mudah. Salah satunya yaitu dengan mengatur pola makan ketika sahur moms. 

Tips Menu Sahur Agar Tak Lemas Saat Puasa

Merasa lemas saat puasa memang wajar. Namun hal ini cukup mengganggu bukan ketika moms ingin melakukan aktifitas saat bulan puasa? Nah moms berikut beberapa tips agar moms terhindar dari rasa lemas saat berpuasa!

baca juga

Konsumsi Makanan Berkuah

Tubuh kita membutuhkan banyak mineral untuk terhindar dari dehidrasi. Nah salah satu cara agar kebutuhan air tercukupi adalah dengan mengkonsumsi makanan berkuah. Apalagi bagi mommies yang kirang suka minum air. Tentu makanan berkuah dapat menjadi salah satu sumber air untuk mencukupi kebutuhan tubuh. 

Konsumsi Makanan Berkuah

Adapun manfaat lain dari makanan berkuah adalah memudahkan moms dalam mengunyah makanan. Karena makanan berkuah tidak membutuhkan banyak zat air dalam mulut untuk dikeluarkan. Makanan berkuah bisa seperti sayuran, bubur ayam, atau sebagainya. 

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Tips selanjutnya adalah konsumsi makanan yan  mengandung karbohidrat kompleks. Hal ini diebabkan karena kandungan krbohidrat yang tinggi dapat memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi jika moms melakukan aktifitas yang banyak. Tentu sangat membutuhkan tenaga dan asupan yang banyak pula. Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks merupakan alternatif puasa moms tidak lemas. 

Adapun karobohidrat komples tersebut dapat diambil dari sayuran seperti kentang,  beras merah,  roti gandum,  buah-buahan dan sebagainya. 

baca juga

Konsumsi Kurma

Di dalam kurma terdapat zat besi, tembaga, kalium, magnesium, mangan, banyak vitamin B termasuk vitamin B6 (piridoksin), niacin, asam pantotenat, dan riboflavin. Kandungan kurma lainnya yaitu vitamin A, K, karoten, lutein, zeaxanthin dan serat. Tentu dari semua kandungan kurma tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan moms. Oleh sebab itu, saat sahur dianjurkan mengkonsumsi kurma agar tidak lemas saat berpuasa. 

Konsumsi Kurma

Jus Buah

Tips selanjutnya adalah mengkonsumsi jus buah saat sahur atau berbuka puasa. Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral membantu tubuh untuk menjaga kestabilan. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan serat yang melancarkan pencernaan saat menjalani puasa. 

Jus Buah

Saat puasa otomatis tubuh akan mengurangi konsumsi lebih sedikit dari sebelumnya. Begitupun dengan konsumsi air yang akan mempengaruhi pencernaan. Nah,  peran buah-buahan tentu selain membuat badan tidak lemas juga akan menjadikan moms terhindar dari sembelit yang mengganggu.