Kandungan Nutrisi Kurma

Jadi Menu Wajib Saat Takjil, Ini Anjuran Makan Kurma Sesuai Sunnah
source: https://www.organicfacts.net/

Seperti yang kita ketahui, setiap sunnah yang dicontohkan Rasulullah pasti memiliki manfaat bagi kehidupan kita. Tidak terkecuali sunnah memakan buah kurma sebagai takjil saat berbuka puasa. Pasalnya, kandungan nutrisi kurma yang lengkap membuatnya berperan penting dalam kesehatan tubuh, khususnya saat menjalani ibadah puasa. Beberapa diantaranya adalah serat (larut dan tidak larut), polifenol, karbohidrat, potasium, vitamin B kompleks, magnesium, dan zat besi.

Kurma Sebagai Takjil

Jadi Menu Wajib Saat Takjil, Ini Anjuran Makan Kurma Sesuai Sunnah
source: https://www.naturalfoodseries.com/

Kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai takjil karena ternyata buah kurma mudah dicerna sehingga memudahkan organ pencernaan untuk bekerja setelah seharian beristirahat. Selain itu, buah kurma juga memiliki serat yang tinggi sehingga dapat menyehatkan pencernaan selama satu bulan penuh berpuasa. Bahkan, kandungan karbohidratnya juga berperan dalam membuat tubuh tetap berenergi meskipun hanya memakan sedikit kurma.

baca juga

Anjuran Konsumsi Kurma Sesuai Sunnah

Jadi Menu Wajib Saat Takjil, Ini Anjuran Makan Kurma Sesuai Sunnah
source: https://www.theculturetrip.com/

Sebenarnya kurma tidak hanya dianjurkan untuk dikonsumsi selama Ramadan, melainkan sebagai makanan sehari-hari. Dengan memakan kurma, seseorang dapat lebih cepat kenyang sehingga menghindari makan berlebihan. Selain itu, beragam manfaat kesehatan juga akan diperoleh dengan rutin mengonsumsi kurma.

Cara Rasulullah Memakan Kurma

Jadi Menu Wajib Saat Takjil, Ini Anjuran Makan Kurma Sesuai Sunnah
source: http://www.berkeleywellness.com/

Sebagai umat Islam, tentu Mommy ingin menyempurnakan hidup dengan mengikuti sunnah dan mencontoh cara hidup Rasulullah. Nah, berikut ini adalah beberapa tata cara Rasul saat memakan kurma yang bisa Mommy lakukan:

  1. Makan kurma dalam jumlah ganjil
  2. Makan kurma dengan keju
  3. Makan kurma dengan semangka
  4. Makan kurma dengan timun
  5. Berbuka puasa dengan kurma basah (rathab), kalau tidak ada kurma kering, kalau tidak ada dengan air putih.
baca juga

Manfaat Mengikuti Anjuran Sesuai Sunnah

Jadi Menu Wajib Saat Takjil, Ini Anjuran Makan Kurma Sesuai Sunnah
source: https://www.longevitylive.com/

Dengan mengikuti sunnah Rasulullah, tentu Mommy akan memperoleh pahala kebaikan saat mengonsumsi kurma. Selain itu, manfaat kesehatan fisik juga akan didapatkan seperti:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Menjaga kesehatan pencernaan
  3. Meningkatkan kerja otak
  4. Menyehatkan tulang
  5. Mengendalikan kadar gula dalam darah
Nah, itulah ulasan mengenai pentingnya menjalankan sunnah mengonsumsi kurma sebagai takjil. Jadi, jangan sampai melewatkan kurma saat berbuka puasa, ya!