Apa buah favorit moms yang biasa digunakan sebagai campuran minuman saat berbuka puasa? Pasti beberapa ada yang menjawab blewah. Ya, blewah memang merupakan salah satu buah yang cukup identik dengan bulan Ramadhan. Itulah sebabnya buah ini lebih mudah ditemui pada bulan Ramadhan, rasanya yang manis dengan tekstur yang renyah membuat blewah sangat cocok dijadikan sajian minuman saat berbuka.

Tak hanya menyegarkan, ternyata blewah juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang kaya, di antaranya yaitu sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, folat, potasium, magnesium, sumber vitamin A, B, dan C. Blewah juga mengandung 90% kadar air, sehingga akan mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setelah seharian menjalani puasa.

Tak Hanya Segar untuk Takjil, Ini Ragam Manfaat Blewah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Blewah

Beberapa orang menyebut blewah sebagai cantalopue. Berkat banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam blewah, buah ini dipercaya memiliki beragam manfaat di samping rasanya yang segar. Karena harga blewah yang termasuk dalam kategori terjangkau, rasanya moms harus sering-sering menyajikan buah ini, tak hanya ketika bulan Ramadhan. Berikut beragam manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi blewah. 

Manfaat Blewah
baca juga

Mencegah Sembelit

Sebagai buah dengan kandungan serat yang tinggi, pastinya blewah bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan, termasuk untuk mencegah sembelit. Kandungan air yang tinggi pada blewah juga bermanfaat untuk menghidrasi dan detoksifikasi tubuh, membuang racun, serta membantu usus mencerna makanan dengan lebih baik.

Mencegah Sembelit

Menurunkan Tekanan Darah

Blewah sangat cocok dikonsumsi oleh moms atau keluarga yang memiliki riwayat hipertensi. Buah ini mengandung kalium yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi blewah secara rutin juga dapat mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, memungkinkan otot-otot tubuh untuk berkontraksi dengan baik, serta membantu mengendalikan tekanan darah. Cukup perhatikan saja cara penyajian blewah ya moms, jangan sampai terlalu banyak mencampurkan gula di dalamnya.

Menurunkan Tekanan Darah
baca juga

Menjaga Kesehatan Janin

Untuk ibu hamil, konsumsi blewah juga tak kalah baiknya. Blewah mengandung folat yang berguna untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf bayi, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah. Jadi selain terasa segar dan dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu hamil, konsumsi blewah juga akan membantu menjaga kesehatan janin.

Menjaga Kesehatan Janin

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada blewah sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Sama halnya dengan wortel, blewah yang juga berwarna orange memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Selain itu sifat antioksidan yang terdapat pada blewah dapat mengurangi risiko terkena gangguan mata yang terkait dengan penuaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Menyembuhkan Flu

Vitamin C yang terdapat dalam blewah dapat berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, selain itu vitamin C yang berguna untuk pembentukan kolagen juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan flu. Karetenoid dalam blewah juga akan membantu tubuh dalam menghilangkan rasa sakit serta kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari.

Menyembuhkan Flu

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dalam blewah juga dapat dimanfaatkan tubuh dalam proses produksi kolagen, kolagen sendiri adalah zat yang berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit. Itulah sebabnya konsumsi blewah dapat memberi manfaat dalam hal mencegah penuaan dini serta melindungi kulit dari radikal bebas.

Mencegah Penuaan Dini