Siapa yang tidak ingin memiliki gigi putih dan tampak bersinar? Gigi putih bisa didapatkan dari melakukan perawatan ke dokter atau klinik gigi, tapi tak semua orang suka ke dokter atau klinik guna merawat gigi, alasannya karena kebanyakan proses perawatan gigi terutama pemutihan gigi dibandrol dengan harga mahal. Nah daripada hanya berangan-angan memiliki gigi putih karena dirawat di klinik ternama, moms bisa coba memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami ini.

8 Cara Alami Memutihkan Gigi, Bahannya Mudah Didapat Kok, Moms!

Siwak

Siwak sudah dipercaya sejak dulu sebagai salah satu alat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Penggunaan siwak secara teratur ternyata juga dapat memutihkan gigi secara alami. Caranya gosokkan batang siwak secara merata ke gigi, lakukan perawatan ini 2-3 kali sehari untuk mendapat hasil yang optimal.

Siwak
baca juga

Kulit Pisang

Setelah makan pisang kulitnya jangan langsung dibuang, karena ternyata kulit pisang ampuh untuk memutihkan gigi. Kulit pisang kaya akan kandungan mineral seperti kalium, magnesium, dan mangan. Senyawa-senyawa tersebut mudah diserap gigi dan akan membuat gigi yang menguning jadi putih kembali. Cara menggunakan kulit pisang cukup oleskan pada gigi, hindari area mulut dan gusi. Diamkan selama 10 menit, kemudian gosok perlahan dengan sikat gigi.  

Kulit Pisang

Kulit Jeruk

Tak hanya kulit pisang, kulit jeruk juga dipercaya dapat memutihkan gigi. Caranya gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada seluruh bagian gigi lalu diamkan beberapa saat kemudian gosok gigi secara perlahan sampai bersih. Yang perlu diperhatikan dalam metode ini adalah sensitivitas mulut dan gigi terhadap kulit jeruk itu sendiri.

Kulit Jeruk
baca juga

Strawberry

Kandungan vitamin C dan asam malat yang terdapat dalam strawberry dapat mengatasi gigi kuning dengan cara mengikis noda pada gigi. Vitamin C juga dapat menjaga kesehatan mulut dengan mencegah sariawan dan membunuh bakteri. Penggunaan strawberry untuk memutihkan gigi sangat mudah, yaitu dengan menumbuk buah strawberry, kemudian mengoleskannya pada gigi, tunggu beberapa saat kemudian bilas gigi hingga bersih.

Strawberry

Lemon

Memiliki kandungan asam sitrat dan vitamin C yang tinggi, lemon berguna dalam menjaga kesehatan mulut serta dipercaya dapat memulihkan gigi. Untuk menggunakan lemon sebagai pemutih gigi alami, terlebih dulu harus diambil sarinya kemudian dicampur dengan baking soda atau garam. Ramuan ini dapat digosokkan menggunakan sikat gigi kemudian dibilas dengan air hingga bersih.  

Lemon

Apel

Memakan apel dengan cara mengunyahnya bersama kulit dipercaya ampuh dalam memutihkan gigi. Apel merupakan buah yang tinggi serat, teksturnya yang agak keras saat dikunyah berfungsi untuk menggosok noda-noda yang menempel di permukaan gigi. Apel juga dapat merangsang terbentuknya air liur yang dapat mengurangi kuman di mulut. Tapi, setelah konsumsi apel pastikan untuk membersihkan gigi dengan berkumur menggunakan air putih guna menghilangkan kandungan gula dan asam yang justru bisa merusak gigi.

Apel

Garam dan Baking Soda

Baking soda dan garam adalah abrasif lembut yang mampu menghilangkan noda pada lapisan luar gigi. Cara menggunakan ramuan ini untuk memutihkan gigi cukup mudah, yaitu dengan membuat pasta campuran satu sendok teh baking soda dengan 1/2 sendok teh garam laut dan air, campurkan dalam satu wadah kecil. Kemudian gunakan sikat gigi yang lembut untuk mengoleskan pasta pada gigi, sikat perlahan selama dua menit lalu bilas dan sikat kembali gigi dengan pasta gigi biasa.

Garam dan Baking Soda

Daun Sirih

Telah digunakan oleh nenek moyang selama bertahun-tahun, daun sirih memang ampuh dalam menjaga gigi termasuk dalam menjaga warna putihnya. Kandungan antikuman dalam daun sirih dapat membasmi kuman penyebab kerusakan gigi serta menjadikan gigi tetap putih. Cara menggunakannya ambil 1-2 helai daun sirih segar lalu gosokkan pada gigi secara merata. Atau bisa juga dengan merebusnya kemudian menggunakan air rebusan untuk berkumur.

Daun Sirih