Tradisi Ramadhan di Indonesia

Seluruh umat Muslim di dunia memiliki caranya masing-masing dalam menyambut dan menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Di Indonesia, masyarakat terbiasa dengan aktivitas-aktivitas yang tidak biasa dilakukan di bulan lain selain bulan Ramadhan. Berikut ini Tradisi Ramadhan yang terjadi di Indonesia.

Bangunin Sahur

Sahur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan sebelum menjalankan puasa selama satu hari penuh. Masyarakat di Indonesia akan bangun sebelum waktu subuh dan menyantap hidangan sahur agar kuat menjalankan ibadah puasa. Yang unik di Indonesia adalah cara warga membangunkan warga lainnya untuk sahur. Biasanya anak-anak akan mengelilingi kampung sambil memainkan bedug atau alat lainnya dengan tujuan membuat suara agar seluruh warga terbangun pada waktu sahur.

Tradisi Ramadhan di Indonesia
source: http://bengkuluekspress.com/wp-content/uploads/2013/07/ilustrasi-membangunkan-orang-sahur.jpg
baca juga

Pulang Kantor Lebih Cepat

Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Bagi para pekerja kantoran, biasanya akan memilih untuk pulang kantor lebih awal untuk dapat berbuka puasa bersama dengan keluarga dan kerabatnya di rumah.

Tradisi Ramadhan di Indonesia
source: https://i0.wp.com/blog.talenta.co/wp-content/uploads/2016/08/manfaat-pulang-kantor-tepat-waktu.jpg?fit=700%2C357&ssl=1

Ngabuburit

Ngabuburit merupakan sebutan untuk aktivitas yang dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya, menjelang berbuka, masyarakat Indonesia akan mencari aktivitas yang dapat membuat waktu terasa cepat untuk berbuka puasa, seperti berkumpul dengan teman, mencari kegiatan yang positif, jalan-jalan sore, dan lain-lain.

Tradisi Ramadhan di Indonesia
source: https://cdnuploads.aa.com.tr/uploads/Contents/2018/03/14/thumbs_b_c_88d03b044e00aa36d2b912b5df666298.jpg?v=095656
baca juga

Berburu Takjil

Berburu takjil atau makanan untuk berbuka merupakan suatu kegiatan yang juga sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Setelah berpuasa seharian, rasanya banyak sekali makanan dan minuman yang menggoda untuk dibeli. Takjil yang biasa disantap untuk berbuka yaitu buah kurma, gorengan, kolak, dan lain-lain.

Tradisi Ramadhan di Indonesia
source: https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2016/06/15/185/1116786/8-pusat-kuliner-ramadhan-paling-populer-di-indonesia-LSR.jpg

Buka Bersama

Waktu berbuka biasanya akan dihabiskan bersama keluarga dan kerabat sambil bersilaturahmi. Tak jarang, di bulan Ramadhan ini dipenuhi dengan jadwal berbuka puasa bersama, dari mulai teman SD hingga teman kerja di kantor. Terkadang, saking banyaknya teman, jadi bingung untuk menentukan jadwal berbuka bersama.

Tradisi Ramadhan di Indonesia
source: http://www.teropongsenayan.com/foto_berita/201506/16/medium_53Ramadhan.jpg

Mudik

Di akhir bulan Ramadhan, Masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong pulang ke kampungnya masing-masing untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara. Kegiatan pulang kampung ini biasa disebut dengan mudik. Masyarakat Indonesia akan melakukan mudik melalui jalur darat, laut, udara, dan rela menempuh jarak yang jauh serta kemacetan demi bertemu sanak saudara di kampung.

Tradisi Ramadhan di Indonesia
source: https://img.beritasatu.com/cache/beritasatu/600x350-2/1545467680.jpg

Demikian beberapa tradisi Ramadhan di Indonesia. Menarik kan, Moms?