Makan dan Minum dengan Sengaja

Hal pertama yang dapat membatalkan puasa adalah makan dan minum dengan sengaja atau masuknya sesuatu ke dalam lubang tubuh dengan sengaja. Sebenarnya tidak hanya makanan dan minuman, benda lain pun jika telah sampai pada tenggorokan maka batal sudah puasa Mommies. Namun jika benda tersebut atau  tidak ada sedikit pun bagian dari benda itu yang sampai pada tenggorokan maka puasa Moms belum batal.

Makan dan Minum dengan Sengaja
source: https://www.inibaru.id/

Pengobatan Melalui Qubul dan Dubur

Meski tujuannya adalah pengobatan, namun tetap saja hal ini dapat membatalkan puasa. Mengobati dengan cara memasukkan benda pada qubul atau dubur seperti mengobati ambeien dengan obat yang harus dimasukkan ke dalam dubur atau memasang kateter urin bagi orang sakit, maka puasa kedua orang ini batal. Dan harus menggantinya di lain hari.

Pengobatan Melalui Qubul dan Dubur
source: http://kelaminkeluarnanah01.strikingly.com/
baca juga

Muntah dengan Sengaja

Penyebab batalnya puasa yang ketiga adalah muntah dengan sengaja. Jika Moms tiba-tiba muntah tanpa disengaja maka puasa Moms tetap aman atau tidak batal, dengan catatan tidak ada muntahan yang tertelan kembali. Jika muntahan Moms ternyata tertelan dan hal tersebut dilakukan secara sengaja maka dapat dipastikan puasa Mommies batal.

Muntah dengan Sengaja
source: https://health.detik.com/

Melakukan Hubungan Seksual

Hal keempat yang dapat membatalkan puasa adalah melakukan hubungan seksual dengan sengaja. Tidak hanya batal dan wajib mengganti di lain hari, tapi juga dikenai denda. Apa itu dendanya? Yaitu berpuasa selama 2 bulan berturut-turut atau jika tidak mampu maka Moms harus memberi makanan pokok senilai satu mud atau 3/4 liter beras kepada 60 fakir miskin. Hal ini sebagai ganjaran atas dosa yang dilakukan, yaitu melakukan hubungan seksual ketika berpuasa. 

Melakukan Hubungan Seksual
source: https://www.cnnindonesia.com/

Tidak hanya melakukan hubungan seksual yang dapat membatalkan puasa, lho. Ternyata keluarnya air mani juga bisa menjadi penyebab batalnya puasa. Jadi memang harus benar-benar menjaga pandangan dan menguatkan hati ya, Moms. Namun jika air mani keluar karena mimpi basah, dalam keadaan ini puasa tetap dihitung sah.

baca juga

Haid atau Nifas

Haid atau nifas pada saat puasa juga dapat membatalkan puasa ya, Moms. Biasanya wanita yang mengalami haid atau nifas saat puasa, wajib mengganti puasa tersebut di hari yang lain.

Haid atau Nifas
source: https://hellosehat.com/

Selain 6 hal yang membatalkan puasa yang sudah disebutkan di atas. Ada lagi lho yang bisa membuat ibadah Puasa Ramadhan Moms batal, yaitu gila pada saat menjalankan puasa dan murtad pada saat puasa.

Nah Moms, itu tadi 8 hal yang membatalkan puasa yang wajib dihindari agar puasa semakin lancar. Selamat berpuasa ya, Moms. Semoga bulan puasa tahun ini penuh berkah.