Membaca Al Quran

Keutamaan membaca Al Quran ketika bulan Ramadhan adalah tiap huruf yang Moms baca akan dihitung pahala sebanyak 27 kali. Wah banyak ya, Moms. Tidak hanya membaca Al Quran, mendengarkan seseorang membaca Al Quran saja Moms bisa mendapatkan pahala. Jadi yuk Moms perbanyakan tilawah di Bulan Suci ini. Jika Moms ternyata sedang berhalangan, Moms cukup mendengarkan saja.

Membaca Al Quran
source: https://mukjizat.co/

Sedekah

Amalan ibadah di bulan ramadhan lainnya adalah sedekah. Diriwayatkan dalam hadist shahih: Rasullah ditanya: “sedekah manakah yang paling utama? beliau menjawab: Sedekah di Bulan Ramadhan.” (H.R. Turmudzi). Karena dari itu, yuk Moms sering-sering bersedekah saat Bulan Ramadhan. Karena bersedekah di Bulan Suci maka akan dilipatgandakan pahalanya di sisi Allah SWT.

Sedekah
source: https://indonesiainside.id/
baca juga

Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan ibadah di Bulan Ramadhan yang wajib diperhitungkan di Bulan Suci ini. Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah telah mewajibkan puasa Ramadhan dan aku telah mensunatkan qiyamnya (shalat di malam harinya). karena itu, barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat dimalah harinya karena iman dan mengharap pahala serta ridha Allah, maka keluarlah dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya” (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Jadi setelah berbuka dan shalat magrib, sebaiknya Moms bersiap-siap untuk ibadah selanjutnya, yaitu shalat Isya dan sholat tarawih.

Sholat Tarawih
source: http://kaltim.tribunnews.com/

Sholat Witir

Seperti sholat tarawihsholat witir juga merupakan ibadah sunnah namun banyak pahalanya. Biasanya sholat witir dilakukan setelah sholat tarawih. Ali r.a. berkata, bahwasannya Nabi saw. pernah bersabda: “barang siapa tidak mengerjalan (shalat) witir, maka bukan dari golonganku.” (H.R. Ahmad). Nah penting kan Moms sholat witir? Jadi agar ibadah sholat tarawih Moms semakin sempurna, jangan lupa mengerjakan juga sholat witir.

Sholat Witir
source: https://barokahouse.com/
baca juga

I'tikaf

I'tikaf artinya berdiam diri di dalam masjid dengan diniatkan i'tikaf. I'tikaf merupakan ibadah di Bulan Ramadhan yang disunahkan dan dapat dilakukan pada setiap waktu, terutama pada sepuluh hari terakhir karena pada 10 terakhir Ramadhan dan malam-malam ganjil terdapat malam “lailatul Qadr.”

I'tikaf
source: http://surabaya.tribunnews.com/

Selain 5 amalan ibadah di bulan ramadhan di atas, melaksanakan sahur dan menyegerakan berbuka juga termasuk amalan baik di Bulan Ramadhan lho, Moms. Jadi jangan sampai Moms malas bangun sahur ya, terlebih terlambat berbuka puasa.

Perbanyak amalan baik di Bulan Suci ini yuk, Moms.