Nata de coco adalah merupakan makanan yang berasal dari hasil fermentasi air kelapa yang biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. Bisa dikatakan nata de coco seperti jeli berwarna putih karena memiliki tekstur yang kenyal. Untuk rasa, nata de coco sangat enak dan menyegarkan.

Manfaat nata de coco juga bagus untuk tubuh sebagai sumber mineral, sumber vitamin, memperlancar pencernaan, mengatasi masalah dehidrasi, mengurangi kolesterol, sekaligus aman dikonsumsi ibu hamil atau seseorang yang sedang menjalani diet. Membuat nata de coco tidak hanya berbahan dasar dari air kelapa doang, lho, moms.

Berikut di bawah ini 3 cara membuat nata de coco, makanan asal Filipina, yang bisa moms sajikan sebagai menu buka puasa.

Cara Membuat Nata De Coco dari Air Kelapa

Bahan:

  1. 5 liter air kelapa
  2. 50 cc cuka
  3. 250 gr gula pasir
  4. 0,5 gr urea/ZA
  5. 100 ml bibit nata de coco
Cara membuat:
  1. Rebus air kelapa hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan cuka, gula pasir, dan urea/ZA. Aduk hingga semua bahan yang direbus larut menjadi satu.
  2. Matikan api. Tuang rebusan air nata de coco tersebut ke dalam loyang datar, kemudian tunggu hingga dingin. Pastikan air rebusan nata de coco yang dituang memiliki takaran yang sedang, alias tidak terlalu tipis.
  3. Setelah air rebusan nata de coco mulai dingin, campurkan bibit nata de coco ke dalam air rebusan dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Tutup loyang dengan lakban, pastikan ditutup rapat ya moms. Moms bisa gunakan koran bersih yang sudah dijemur di bawah terik matahari, kemudian simpan loyang selama 7-10 hari di dalam suhu ruangan. Jangan dibuka ya moms hingga fermentasi nata de coco berhasil.
  5. Setelah fermentasi selesai, buka penutup korannya. Lalu bersihkan nata de coco dengan air bersih agar bau asam pada nata de coco hilang. Moms bisa sering mengganti air rendaman nata de coco agar hasil pembuatan nata de coco maksimal.
  6. Setelah nata de coco direndam, potonglah dengan bentuk dadu, lalu rebus di air mendidih. Lebih nikmat lagi, moms bisa rendam nata de coco di dalam air gula selama 1 hingga 2 jam.
Cara Membuat Nata De Coco dari Air Kelapa
baca juga

Cara Membuat Nata De Coco dari Lidah Buaya

Bahan:

  1. 5 buah lidah buaya berukuran besar, ambil dagingnya, buang kulitnya
  2. ¼ sdt asam sitrat
  3. 300 gr gula pasir
  4. 1 liter air mineral
  5. Garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Cuci bersih daging lidah buaya, hingga lendirnya hilang, kemudian tiriskan dan potong daging lidah buaya bentuk dadu kecil.
  2. Masukkan potongan lidah buaya ke dalam air rebusan yang sudah mendidih. Rebus lidah buaya selama 5-10 menit, kemudian matikan api. Setelah itu tiriskan lidah buaya yang sudah dimasak, dan taruh di sebuah wadah.
  3. Sementara itu, campurkan asam sitrat dan garam ke dalam air matang, aduk rata lalu masukkan lidah buaya. Kemudian diamkan selama 6-12 jam.
  4. Buat air rebusan gula. Setelah air rebusan dingin, campurkan dengan lidah buaya yang sudah didiamkan dengan campuran asam sitrat dan garam. Kemudian diamkan kembali lidah buaya yang dicampur dengan air gula selama 1-2 jam. Setelah itu, nata de coco lidah buaya bisa dinikmati.
Cara Membuat Nata De Coco dari Lidah Buaya

Cara Membuat Nata De Coco dari Nanas

Bahan:

  1. 3 buah nanas, ambil dagingnya
  2. 30 cc cuka
  3. 0.25 gr urea/ZA
  4. 100 ml bibit nata de coco
  5. 2,5 liter air mineral
Cara membuat:
  1. Haluskan atau blender daging nanas. Kemudian saring nanas yang sudah dihaluskan untuk kemudian diambil air sari nanas. Masukkan air nanas ke dalam panci, tambahkan air, cuka, kemudian rebus sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih, tuang air rebusan nanas ke dalam loyang dengan takaran tinggi mencapai 1,5-2 cm, dan tunggu hingga dingin. Setelah dingin, moms bisa tambahkan bibit nata de coco lalu aduk sampai merata. Terakhir, tutup loyan hingga rapat dengan menggunakan koran bersih dan rekatkan dengan lakban atau selotip.
  3. Simpan loyang selama 7-10 hari di dalam suhu ruangan. Setelah itu, bilas nata de coco nanas dengan air bersih, lalu rendam dengan air bersih selama 2 hari agar asam cuka pada nata de coco hilang. Rendamannya pun harus diganti setiap hari.
  4. Terakhir, rendam nata de coco yang sudah dipotong dadu di dalam air rebusan gula selama 1-2 jam.
Cara Membuat Nata De Coco dari Nanas