Menjelang Ramadan biasanya moms dan keluarga dihadapapkan dengan dahaga sekaligus perut keroncongan. Banyaknya pilihan takjil sebagai menu pembuka puasa tiba-tiba bertebaran di berbagai sudut jalanan. Namun terkadang muncul pertanyaan 'Apakah itu cukup menutupi vitamin dan mineral yang terkuras selama seharian penuh?' atau pertanyaan sederhana 'Bersih gak ya?'

Eits, ternyata moms cukup beli timun suri aja loh! Pasalnya buah berkulit kuning ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan. Timun suri memiliki kandungan baik bagi kesehtan seperti asam linoleat, fruktosa, magnesium, glukosa, potasium, saponium, kalium, vitamin A, C, B1, B6, D serta kaya serat.

Timun suri yang sudah ditangan bisa moms olah dengan mudah. Beberapa memanfaatkannya sebagai campuran es buah dan es campur, atau sekedar es timun suri yang satukan bersama kental manis atau susu. Ketika pembuatan dari menu tersebut pun bisa moms peraktekan bersama si kecil di rumah loh.

Sebelum itu, tentu moms harus bisa memilih buah ini dengan benar agar nikmat saat di santap nanti. So, yuk cari tahu tips memilih timus suri yang menjamin rasanya manis dan matang.

4 Tips Mudah Memilih Timun Suri Manis dan Matang untuk Berbuka Puasa

1. Pilihlah Timun Suri yang Kulitnya Retak

Kulit retak menandakan jika daging buah sudah memasuki fase matang dan membesar secara alami, sehingga kulitnya menjadi retak.

baca juga

2. Cium Aromanya

Timun suri yang sudah siap disantap juga bisa dikenali dari aromanya yang manis dan segar. Tapi moms harus tetap berhati-hati ya. Psalnya jaman sekarang ada saja pedangang yang melakukan proses pematangan buatan, yang ditandai dengan aroma berlebihan.

2. Cium Aromanya

3. Pilih Tekstur yang Empuk Tapi Tak Lembek

Timun suri yang telah matang punya tekstur yang empuk tapi tidak lembek. Tekstur buah yang terlalu lembek menandakan jika buah sudah terlalu matang bahkan mulai terjadi pembusukan.

baca juga

4. Jangan Berpatokan Pada Warna Kulit

Meski pada umumnya timun suri yang telah matang berwarna kuning, tapi ada juga berwarna hijau loh. Jadi warna bukan jadi patokan ya. 

Tetap perhatikan retakan pada kulit, aroma, dan teksturnya. Kalau ketiganya poin sebelumnya memperlihatkan tanda matang, tapi kulitnya masih hijau kemungkinan besar timun suri tersebut memang sudah benar-benar matang sempurna. So, moms langsung pilih saja!