Pilih Menu Sahur Sehat Agar Perut Tak Begah, Ini Tipsnya Moms

 Manfaat Sahur

Makan makanan sahur meskipun bukan syarat sah puasa ataupun kewajiban namun sangat dianjurkan lho Moms dan termasuk sunnah puasa yang jika dikerjakan akan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. Rutinitas sahur di bulan puasa merupakan bentuk persiapan energi dan stamina sehingga esok harinya Moms dapat berpuasa dan beraktivitas dengan baik.

Manfaat  sahur selain untuk energi, juga dapat menjaga kekebalan tubuh saat puasa. Selain itu makan sahur mampu meningkatkan kualitas ibadah lho Moms. Sahur yang biasa dilakukan pada sepertiga malam terakhir hingga mendekati waktu subuh atau saat sepertiga malam terakhir, dimana saat itu merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk beribadah, berdoa, dan berzikir kepada Allah SWT. 

Pilih Menu Sahur Sehat Agar Perut Tak Begah, Ini Tipsnya Moms

Menu yang Sehat Untuk Sahur

Disini menu sahur sehat dapat dilihat dari bahan yang baik dan pemenuhan gizi yang lengkap seimbang. Menu sahur yang baik harus memiliki serat tinggi dan banyak vitamin. Konsumsi buah dan sayur kaya serat bisa jadi contoh pola makan yang baik saat sahur karena tingginya nilai vitaminnya, badanpun akan bugar walau berpuasa.

Selain itu pilihlah makanan dengan karbohidrat komplek seperti roti, nasi, jagung yang mampu bertahan lama dalam tubuh sebagai energi. Sebaiknya masak sayur hijau juga untuk sahur, jadi badan tetap bugar enggak cepat mengantuk.

baca juga
Pilih Menu Sahur Sehat Agar Perut Tak Begah, Ini Tipsnya Moms

Tips Memilih Menu Sahur Agar Tidak Begah

Selain memilih menu sahur yang tepat Moms juga harus menghindari makanan yang bisa membuat perut begah yang berakibat pada puasa jadi kurang khitmat. Tips memilih menu sahur agar tidak begah salah satunya yaitu batasi makanan pedas dan berlemak. Jika Moms banyak memakan makanan pedas tentu perut jadi tidak nyaman, terasa mulas bahkan  menyebabkan juga bisa sakit mag lho.

Kurangi gorengan dan makanan berminyak juga saat penting saat Moms menyajikan makanan sahur. Makanan sahur seperti ayam goreng, nugget, atau telur goreng bisa jadi menu favorit anak ya Moms, tapi perlu dipertimbangkan juga jika makanan-makanan tersebut akan mengakibatkan radang tenggorokan. Sudah jadi kewajaran jika ketika berpuasa cairan dalam tubuh kurang dan hal ini dapat memicu tenggorakan terasa kering ya Moms bahkan radang.

Hindari kafein dan soda juga bisa menghidarkan perut dari begah karen minuman itu mengandung gas berlebih dalam perut. Sebaliknya, sebaiknya perbanyak air putih saat sahur dan berbuka, agar cairan dalam tubuh terpenuhi.

Menyajikan menu sahur tentu menjadikan kebahagian sendiri bagi Moms. Mempersiapkan sahur sama dengan  menyemangati keluarga dalam menjalani puasa. Memilih menu kesukaan tentu baik, namun juga bukan berarti harus sembarangan ya Moms. Tetap pilih yang membawa nikmat dan manfaat dalam puasa itu sendiri. Yuk masak menu sahur sehat mulai hari ini!