Puasa Kok Tambah Gemuk? Simak Tips Menu Buka Puasa Agar Berat Badan Tak Bertambah

Gemuk Karena Puasa, Kok Bisa?

Menjelang lebaran sering kali banyak orang yang mengeluh tentang berat badan yang naik ya Moms. Puasa bikin gemuk, kenapa ya? Jawabnya tentu karena pola makan yang salah. Sering kali momen buka puasa jadi ajang "balas dendam" setelah sekian menahan rasa lapar banyak orang cenderung langsung mengkonsumsi makanan berat dan dalam jumlah besar.

Perlu dipahami juga saat buka puasa adalah saat malam dimana waktu aktifitas tubuh juga berkurang, akibatnya tentu saja badan jadi makin mengembang. Penyebab lainya adalah sahur dengan menu berat. Saat sahur beberapa orang cenderung ingin mengisi "amunisi" agar tidak mudah lapar. Padahal sering kali setelah sahur orang cenderung malas bergerak dan memilih tidur.

Puasa Kok Tambah Gemuk? Simak Tips Menu Buka Puasa Agar Berat Badan Tak Bertambah

Tips Buka Puasa Agar Berat Badan Tak Bertambah

Tips buka puasa agar berat badan tak bertambah setelah bulan ramadhan cukup sederhana. Semisal dengan konsumsi buah kurma. Sebagaimana disunahkan Rasulullah saat berbuka baiknya mengkonsumsi buah kurma dengan jumlah ganjil. Tujuannya tak lain agar tubuh langsung memperoleh energi.

Selain itu serat yang tinggi dari kurma mampu mengganjal rasa lapar dalam waktu singkat dan juga memberikan jeda perut setelah seharian kosong. Jadi perut enggak akan begah karena langsung diisi penuh.

Makan buah pisang dan pepaya juga memiliki manfaat yang sama seperti kurma seperti menunda lapar jadi Moms harus buru-buru saat berbuka puasa dengan menu besar. Selain itu, Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition pada tahun 2005, vitamin C dalam pisang terbukti efektif untuk memacu proses pembakaran lemak lho, jadi bisa dapat kenyang dan kurusnya deh.

baca juga
Puasa Kok Tambah Gemuk? Simak Tips Menu Buka Puasa Agar Berat Badan Tak Bertambah

Buah semangka juga bisa jadi menu pilihan saat buka puasa bila Moms takut gendut. Sebab semangka mengandung banyak air, dan sangat rendah kandungan kalorinya. Alasan lain tentu karena kaya akan serat jadi menjaga tubuh kenyang lebih lama. Sehingga makan semangka sebanyak apapun enggak bikin perut melar deh Moms.

Tips lain adalah hindari gorengan dan makanan berminyak. Hal ini dikarenakan gorengan akan menimbun banyak lemak pada tubuh, dan menyebabkan badan makin melar lho Moms.
Saat berbuka puasa adalah momen kemenangan bagi tiap-tiap individu yang berpuasa. Tapi akan tidak bijak rasanya jika buka puasa jadi alasan rakus tanpa mempertimbangkan kesehatan.

Yuk belajar bijak saat makan, minimal menjalankan sunah Rasulullah dengan konsumsi makanan kurma terlebih baru makanan berat. Semangat sehat dibulan Ramadhan ya Moms.