Resep Otak Otak Bakar, Nikmat Jadi Takjil dan Cemilan Si Kecil Nih Moms!

Otak Otak Ikan

Otak-otak ikan adalah makanan yang terbuat dari ikan dibungkus oleh daun pisang dan dipanggang. Walau bernama otak otak  faktanya makanan ini sama sekali tidak mengandung otak lho Moms. Penamaanya dipilih dari teksturnya yang lembut dan warna putihnya menyerupai otak. Otak otak awalnya dikenal di Sumatra.

Untuk membuat otak-otak sebenarnya sederhana hanya campuran ikan tenggiri yang dagingnya sudah dihaluskan dengan bumbu. Selanjutnya direbus atau dibakar dalam balutan daun pisang. Pemilihan ikan tenggiri sebagai bahan otak-otak disebabkan jenis ikan ini tidak memiliki tulang yang banyak dan rasanya lebih gurih.

Tapi, sekarang sudah cukup banyak varian selain otak otak tenggiri bakar seperti otak otak ikan tongkol bakar. Namun, untuk Moms yang hobi ikan air tawar, otak otak ikan gabus bakar juga bisa jadi pilihan. Ikan tongkol dan gabus dipilih karena kemudahannya untuk didapat jadi siapa saja bisa membuat resep otak-otak tanpa kesulitan mencari bahan.

Resep Otak Otak Bakar, Nikmat Jadi Takjil dan Cemilan Si Kecil Nih Moms!

Resep Otak Otak Bakar

Untuk membuat resep otak otak bakar tengiri, tongkol maupun gabus sebenarnya bahanya hampir sama hanya beda pada jenis ikan yang dipakai. Bahan yang Moms harus siapkan yaitu:

  • 500 gram daging ikan ikan yang sudah dihaluskan,
  • 2 putih telur,
  • garam & gula,
  • 1/2 sdt merica bubuk.
  • Tak lupa siapkan 250 ml santan dari 1 butir kelapa, untuk Moms yang ingin praktis cukup bisa pakai santan instan ya.


Bahan tambah yaitu:

  • 4 sdm tepung sagu,
  • 2 sdm tepung hunkwe,
  • 2 batang daun bawang yang diiris halus.
Bumbu halus:
  • 4 buah bawang merah,
  • 2 siung bawang putih
  • dan untuk membungkus siapkan daun pisang.

 
Cara memasak dengan mencampur daging ikan yang telah dihaluskan dengan putih telur. Kemudian tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk dan bumbu halus, aduklah dengan rata. Setelah adonan rata tuang santan, tepung sagu dan hunkwe. Aduk lagi hingga rata sambil memasukan daun bawang.

Adonan otak-otak yang sudah siap cukup dibungkus dengan daun pisang. Isi daun pisang dengan satu sendok adonan.  Setelah adonan habis, siapkan panggangan dan bakar di bara api hingga matang dan harum. Untuk opsi Moms juga bisa mengkukus dulu adonan otak-otak sebentar baru dibakar di atas kompor jadi waktu membakarnya juga lebih cepat. Setelah matang otak-otak bisa dimakan pakai sambal kacang, atau dijadikan sebagai teman nasi juga bisa.

Berkumpul bersama keluarga menikmati hidangan otak-otak bakar pasti bikin nagih. Mulai hari dengan lakukan hal sederhana seperti memasak untuk keluarga yang istimewa sungguh berharga. Jadi jangan lewatkan masak otak otak ya Moms!