Well, memang mengajarkan puasa itu bukan perkara mudah pada si kecil. Tapi bisa dimulai dengan menjelaskan apa itu manfaat puasa baik dari segi kesehatan ataupun segi psikologis. Berikut manfaat puasa yang bisa moms kenalkan pada si kecil sejak dini.

Melatih kesabaran anak

Jelaskan pada si kecil jika ibadah puasa itu bukan hanya soal menahan lapar dan haus tapi dengan berpuasa seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih sabar. Ini karena saat menjalankan ibadah puasa mereka wajib menjaga beberapa hal seperti ucapan, perbuatan, dan juga emosi.

Biar Makin Semangat di Bulan Ramadhan, Kenalkan Manfaat Puasa Pada Anak
source: https://delicious.com.au

Tahukah moms kalau ternyata di dalam tubuh ada hormon-hormon yang sengaja dikeluarkan kelenjar pituitari. Hormon-hormon ini bertanggung jawab terhadap berbagai jenis hawa nafsu seperti nafsu melakukan kekerasan, marah, ambisi, hingga tindakan jahat.

Jika hormon ini jumlahnya berlebih maka bisa menyebabkan cepat emosi dan ketidak seimbangan. Dengan berpuasa maka metabolisme dan ekstraksi hormon-hormon ini dipercepat dalam aliran darah sehingga menyebabkan si kecil jadi lebih kalem dan sabar.

Saat puasa jelaskan pada si kecil jika tidak boleh mudah marah, tidak boleh berbicara kasar atau kotor, dan tentunya harus sabar menunggu waktu berbuka. Jika kebiasaan ini diajarkan selama bulan Ramadan niscaya si kecil bisa menjadi pribadi yang lebih sabar.

Biar Makin Semangat di Bulan Ramadhan, Kenalkan Manfaat Puasa Pada Anak
source: https://www.computerhowtoguide.com

Mengajarkan kedisiplinan dan pengendalian diri anak

Dengan puasa secara tidak langsung mengajarkan kedisiplinan soal waktu karena setiap pagi si kecil diajarkan bangun pagi untuk sahur dan niat puasa sebelum sahur sebagai syarat menjalankan ibadah puasa. Rutinitas ini bisa jadi sarana yang baik bagi si kecil agar menjadi sosok yang selalu tepat waktu.

Berpuasa juga mengajarkan pengendalian diri pada anak karena selama puasa si kecil jika tidak boleh mudah marah, tidak boleh berbicara kasar atau kotor, dan tentunya harus sabar menunggu waktu berbuka. Jika kebiasaan ini diajarkan selama bulan Ramadan niscaya si kecil bisa menjadi pribadi yang mudah mengendalikan diri.

baca juga
Biar Makin Semangat di Bulan Ramadhan, Kenalkan Manfaat Puasa Pada Anak
source: https://www.thepragmaticparent.com

Melatih sikap jujur pada anak

Sadar atau tidak, saat ini jumlah anak yang punya sifat jujur jauh lebih sedikit dari pada yang suka bohong. Dengan melakukan puasa secara tidak langsung moms menanamkan sifat jujur pada orang tua, guru, teman, dan paling penting bagi diri mereka sendiri. Ini karena mereka dituntut untuk menahan rasa lapar, haus, dan perbuatan yang tidak baik.

Biar Makin Semangat di Bulan Ramadhan, Kenalkan Manfaat Puasa Pada Anak
source: https://30seconds.com

Daya tahan tubuh meningkat

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan jika puasa punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berpuasa dapat melatih anak untuk selalu makan tepat waktu dan dalam porsi yang cukup. Mereka juga belajar untuk makan makanan yang sehat untuk tubuh. Selama puasa sistem pencernaan tubuh juga ikut istirahat supaya tetap sehat.