Puasa di Bulan Ramadhan memang memiliki banyak sekali keistimewaan jika dibandingan dengan bulan-bulan islam lainnya. Apa saja sih Moms yang membuat Puasa Ramadhan menjadi begitu istimewa sehingga seluruh umat muslim wajib melaksanakannya? Berikut beberapa keistimewaan puasa Ramadhan.

Bau Mulut Orang yang Berpuasa Lebih Baik daripada Minyak Misik

Pada umumnya bau mulut orang yang sedang berpuasa itu tidak sedap. Penyebabnya adalah produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang, sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya adalah timbul bau mulut yang khas, yang tak jauh berbeda saat baru bangun tidur. Tapi tidak perlu khawatir, Allah lebih suka dengan orang berpuasa dengan bau mulut dari pada dengan bau minyak misik.

Bau Mulut Orang yang Berpuasa Lebih Baik daripada Minyak Misik
source: https://www.cnnindonesia.com/
baca juga

Para Setan Dibelenggu

Pernah nggak sih Moms merasa kenapa ketika Bulan Ramadhan, Moms jadi lebih suka melakukan hal-hal baik. Shalat lebih rajin, hati menjadi lebih sabar, lebih suka sedekah dibandingkan dengan berbelanja di Mall? Sebenarnya hal tersebut dikarenakan setan-setan dibelenggu sampai berakhirnya bulan Ramadhan. Jadi Allah SWT memberikan kesempatan kepada hambanya untuk menambah pundi-pundi amal ibadah.

Para Setan Dibelenggu
source: https://harakahislamiyah.com/

Orang Berpuasa akan Dimintakan Ampunan Oleh Para Malaikat

Jika Moms melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan maka para malaikat ini akan senantiasa memintakan ampunan kepada Allah, mulai dari imsak hingga berbuka, agar orang-orang yang berpuasa diampuni dosa-dosanya.

Orang Berpuasa akan Dimintakan Ampunan Oleh Para Malaikat
source: https://www.hidayatullah.com/
baca juga

Allah SWT Mengampuni Orang Berpuasa Pada Setiap Akhir Malam

Keistimewaan puasa Ramadhan selanjutnya adalah Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang sedang berpuasa pada setiap akhir malam. Artinya adalah orang-orang yang berpuasa berhak mendapatkan ampunan sebagai imbalan ibadahnya kepada Allah SWT. Istimewa sekali, Kan?

Allah SWT Mengampuni Orang Berpuasa Pada Setiap Akhir Malam
source: https://www.hidayatullah.com/

Karena saking istimewanya Puasa Ramadhan, maka dari itu bacaan niat puasa ramadhan tentu tidak boleh salah, ya Moms. Bagaimana sih bacaan niat puasa ramadhan atau doa sahur yang benar?

Allah SWT Mengampuni Orang Berpuasa Pada Setiap Akhir Malam
source: https://pikstagram.com/

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta'aala.

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Tidak hanya bacaan niat puasa ramadhan atau doa sahur yang harus Moms ucapkan dengan benar. Tapi doa buka puasa pun juga harus diucapkan dengan benar ya, Moms. Berikut ini doa ketika berbuka puasa.

Allah SWT Mengampuni Orang Berpuasa Pada Setiap Akhir Malam
source: http://makassar.tribunnews.com/

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ


Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin

Artinya: "Ya Allah keranaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

Untuk melengkapi ibadah puasa agar sempurna, selain niat ada juga anjuran mengakhirkan sahur. Tidak hanya mengakhirkan sahur, tapi mensegerakan berbukan juga termasuk dalam amalan yang dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan Mommies.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, Moms. Semoga ibadah puasa kita tahun ini diterima dan semoga setelah Ramadhan ini kita menjadi insan-insan yang lebih baik lagi.