Kreasi menu kolak untuk takjil
Kolak adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan santan gula aren. Pada umumnya, kolak tersedia pada bulan Ramadhan saja. 

Mantap Betul! 7 Kreasi Kolak ini Bisa Jadi Takjil yang Pas untuk Berbuka Puasa
source: https://www.qraved.com/journal/recipe/6-resep-kolak-yang-enak-banget-buat-buka-puasa/

Namun, saat ini kolak tak melulu hanya berisi pisang atau ubi jalar saja Moms. Penasaran apa saja sih, jenis kreasi kolak yang bisa Moms bikin di sepanjang bulan Ramadan ini untuk menemani santap berbuka?

Kolak pisang
Pasti Moms familiar dengan menu buka puasa yang satu ini. Dari tahun ke tahun kolak pisang selalu menjadi menu favorit untuk berbuka puasa, rasanya yang manis dan legit membuat pecintanya datang dari semua kalangan. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang kepok, karena rasanya manis dan teksturnya pun pasang untuk dijadikan kolak. 

Mantap Betul! 7 Kreasi Kolak ini Bisa Jadi Takjil yang Pas untuk Berbuka Puasa
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.idntimes.com/food/recipe/amp/muda-creation/resep-kolak-pisang-yang-super-gampang-c1c2

Kolak ubi
Selain kolak pisang, takjil kolak ubi juga biasa diburu saat bulan puasa. Rasa ubi yang manis, empuk dan legit akan selalu disukai semua kalangan. Selain itu, kolak ubi ini juga cukup mengenyankan lho Moms. Karena ubi sebdiri temasuk jenis karbohidrat. Jenis ubi yang digunakan biasanya adalah ubi jalar kuning, bisa juga menggunakan ubi ungu untuk variasi lainnya.

baca juga

Kolak singkong
Kolak singkong termasuk jenis olahan singkong tradisional. Sama seperti kolak ubi, singkong yang juga termasuk dalam karbohidrat ini tentunya cukup mengenyangkan Moms. Variasi lain dari kolak singkong ini adalah singkong Thailand, hanya bedanya singkong Thailand menggunakan susu bukan santan. 

Mantap Betul! 7 Kreasi Kolak ini Bisa Jadi Takjil yang Pas untuk Berbuka Puasa
source: https://cookpad.com/id/resep/2254231-kolak-durian

Kolak durian
Moms pecinta durian mana suaranya? Ya, buah yang satu ini memang memiliki kelezatan tersendiri bagi pecintanya karena rasanya yang manis dan legit selalu membuat ketagihan. Kabar baiknya, buah durian kini bisa Moms olah menjadi hidangan kolak. Sudah kebayang ya, bau durian yang khas bercampur dengan kuah santan dan gula aren serta bau pandan ini pastinya menjadi sajian berbuka puasa yang paripurna.

Kolak biji salak
Sekilas sajian manis ini mirip dengan bubur candil. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan. Sajian ini populer disantap sebagai takjil buka puasa di bulan Ramadan. Tak hanya bisa dikonsumsi keluarga, resep kolak biji salak ini bisa jadi peluang usaha saat Ramadhan, lho Moms.

Mantap Betul! 7 Kreasi Kolak ini Bisa Jadi Takjil yang Pas untuk Berbuka Puasa
source: https://cookpad.com/id/resep/259140-kolak-biji-salak

Kolak sagu mutiara
Kolak sagu mutiara yang satu ini berbahan dasar sagu mutiara atau sago pearl, yaitu makanan berbentuk bulat-bulat kecil yang terbuat dari tepung sagu. Bentuknya yang bulat dan transparan ini menjadikannya disebut mutiara. Sagu mutiara biasa dijual dalam bentuk kering. Setelah dimasak, ia akan berubah menjadi butiran-butiran yang kenyal, legit, dan lengket. Setelah matang, sagu mutiara ini bisa disitam kuah santan gurih yang sudah bercampur dengan gula pasir ataupun gula aren yang sudah dicairkan. Rasanya jadi manis dan legit! Selain itu, kolak sagu mutiara ini bisa juga didinginkan di kulkas ataupun ditambah es batu untuk menambah kesegaran rasanya.

baca juga

Kolak jagung pulut
Siapa Moms di sini yang penggemar jagung manis? Nggak melulu dibakar dan dijadikan pelengkap sayur, bahan makanan ini juga bisa dijadikan kolak yang nikmat. Yups, kolak jagung pulut terbuat dari bahan jagung manis yang diserut terlebih dahulu. Lalu dimasak bersama kuah santan dan gula aren/gula putih. Hmmm.. Mantap betul!

Mantap Betul! 7 Kreasi Kolak ini Bisa Jadi Takjil yang Pas untuk Berbuka Puasa
source: https://www.suarajabarsatu.com/kolak-jagung-pulut/

Nah Moms, tetarik mencoba menu kolak yang mana untuk berbuka puasa nanti?