Minuman Hangat dan Sehat Saat Sahur

Saat bulan puasa begini, kita harus lebih pandai dalam menjaga kesehatan dan mengatur pola makan agar lebih sehat, ya Moms. Tidak seperti pada bulan-bulan biasanya dimana kita bisa makan dan minum setiap saat, kini kita harus lebih pandai mensiasati waktu makan dan minum agar di siang hari kita tidak merasa lemas atau bahkan mengalami dehidrasi.

Salah satu cara sehat yang bisa dilakukan saat sahur adalah dengan meminum minuman hangat dan menyehatkan. Nah, berikut ini beberapa minuman hangat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur.

Minuman Hangat dan Sehat Saat Sahur

Air Putih Hangat

Air putih hangat tentu akan menjadi rekomendasi pertama untuk dikonsumsi saat sahur. Dengan meminum air putih hangat saat sahur, khususnya saat kita baru saja bangun tidur dan belum menyantap makanan, maka kita bisa membuat perut menjadi lebih nyaman, lho Moms. Tak perlu banyak-banyak untuk mengonsumsinya, cukup satu gelas air putih hangat saja untuk membuat perut merasa nyaman di waktu sahur.

Air Putih Hangat
baca juga

Teh Hijau

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi teh sebaiknya dibatasi saat sahur, karena dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil dan membuang garam yang dibutuhkan tubuh selama satu hari penuh. Jika Moms tetap ingin menikmati teh, pilih teh hijau yang mengandung antioksidan lebih tinggi. Teh yang kaya akan antioksidan ini sangatlah baik bagi kesehatan tubuh dan tidak akan memberikan efek buang air kecil terus-menerus. Konsumsilah teh hijau hangat di kala sahur untuk perut yang nyaman sekaligus menyehatkan badan.

Teh Hijau

Jahe

Salah satu rempah-rempah yang murah dan mudah dijumpai di Indonesia adalah bahan alami yang manjur untuk memberi efek hangat sekaligus sehat, yaitu jahe. Jahe akan memberi efek hangat yang lebih nyaman karena mengandung gingerol dan shogaol yang membuat jahe berfungsi sebagai termogenik (meningkatkan suhu tubuh). Mengonsumsi wedang jahe hangat akan membuat tubuh Moms hangat dan bebas masuk angin apalagi kalau dikonsumsi saat sahur, pasti tubuh akan hangat dan sehat.

Jahe
baca juga

Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak dan hangat ternyata juga sangat direkomendasikan saat sahur. Pakar kesehatan menyebutkan jika susu mengandung zat penghilang dehidrasi, sehingga Moms akan lebih terhindar dari dehidrasi selama satu hari penuh. Selain itu, susu juga memiliki banyak nutrisi yang bisa menjaga tubuh tetap bugar seharian penuh.

Susu Rendah Lemak