1. Kompres Menggunakan Es Batu

Perawatan setelah melahirkan memang penting untuk dilakukan, terutama bagi mom yang melahirkan secara normal. Luka jahitan pada vagina menyebabkan sakit dan perih hingga 1-2 mingu. Oleh sebab itu untuk meredakan rasa sakit, mom bisa mengompres jahitan menggunakan es batu yang dilapisi kain tipis terlebih dahulu. 
 

source: https://www.tren.co.id



 

2. Bersihkan Jahitan Menggunakan Botol Semprot

Ketika luka jahitan masih belum kering tentunya mom tidak bisa membersihkan (cebok) vagina secara sempurna setelah buar air. Agar jahitan terhindar dari kotoran, sebaiknya mom membersihkannya dengan menggunakan botol semprot yang telah diisi air. Hal ini untuk mencegah kotoran menempel yang menyebabkan infeksi pada jahitan. 
 

source: https://www.amazon.co.uk



 

baca juga

3. Berendam dengan Air Hangat

Perawatan setelah melahirkan bermacam-macamnya cara agar luka vagina cepat sembuh dan mom bisa beraktifitas kembali secara normal. Nah, untuk meredakan rasa sakit pada jahitan, mom bsia merendam vagina dengan air hangat ketika mandi. Lakukan treatment ini setidaknya 1-2 kali dalam sehari. 
 

source: http://www.organiclifestylemagazine.com



 

4. Sering Mengganti Celana Dalam

Jangan biarkan vagina kamu dalam keadaan lembab karen akan membuat luka jahitan sulit kering. Sebaiknya gantlah celanan dalam saat tubuh berkeringat dan gunakan celanan dalam dengan kualitas baik yang menyerap keringat. 
 

source: http://homeremediesforlife.com



 

baca juga

5. Gunakan Cairan Antiseptik

Bagaimanapun mom wajib menggunakan cairan antiseptik yang telah disarankan oleh dokter. Perawatan setelah melahirkan yang satu ini sangat penting untuk mengindari kuman dan kotoran yang menempel pada lubang vagina dan anus. 
 

source: https://healthhaphope.com