Jenis MPASI Sesuai Usia

Jangan Sampai Salah Moms, Yuk Pelajari Jenis-jenis MPASI Sesuai Usia Bayi
source: https://www.thebump.com/

Mengapa penting menentukan jenis MPASI sesuai dengan usia bayi?

Pertanyaan itu pasti ada di benak sebagian dari para ibu yang kebingungan mencari jenis MPASI yang tepat untuk bayinya. Pada dasarnya, bayi lahir dengan beberapa organ tubuh yang belum sempurna dan masih dalam masa perkembangan seiring dengan pertambahan usianya. Salah satunya adalah organ pencernaan. Tidak heran jika bayi baru lahir masih belum disarankan untuk mendapat asupan tambahan selain air susu ibu. Ini disebabkan oleh pencernaan bayi yang hanya bisa mencerna ASI. Seiring bertambahnya usia, organ pencernaan si kecil akan mengalami banyak perkembangan hingga akhirnya siap untuk menerima makanan tambahan selain ASI. 

Tidak hanya itu, leher yang belum bisa tegak dan tulang punggung yang belum kuat juga berpengaruh pada kemampuan bayi untuk makan. Mommy bahkan juga harus memperhatikan kemampuan bayi dalam mengendalikan lidahnya. Pasalnya, lidah memiliki peran penting untuk proses makan, yaitu menelan makanan itu sendiri.

Bayi Usia 6-9 Bulan

Jangan Sampai Salah Moms, Yuk Pelajari Jenis-jenis MPASI Sesuai Usia Bayi
source: https://parenting.firstcry.com/

Di usia bayi 6 bulan, di mana ia masih berada dalam tahap awal penerimaan asupan MPASI, pastikan untuk memberikannya makan dengan frekuensi yang tidak terlalu banyak. Cukup dua kali sehari dengan kuantitas yang juga tidak berlebihan, yaitu 1-4 sendok makan.

Pada usia ini, Mommy juga disarankan lebih memerhatikan tekstur dari makanan yang diberikan pada si kecil. Biasanya, makanan awal MPASI diolah agar memiliki tekstur halus karena organ pencernaan bayi masih perlu beradaptasi. Namun, ada pula metode MPASI BLW yang dapat Mommy pertimbangkan. Namun, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter anak dan dokter gizi, ya!

baca juga

Bayi Usia 9-12 Bulan

Jangan Sampai Salah Moms, Yuk Pelajari Jenis-jenis MPASI Sesuai Usia Bayi
source: https://www.verywellfamily.com/

Selanjutnya, memasuki usia 9-12 bulan, variasi makanan yang dapat diberikan pada bayi sudah semakin beragam. Jika Mommy memilih untuk memberikan makanan dengan tekstur yang bertahap, di usia 9 bulan ke atas si kecil sudah mulai bisa diberikan asupan finger food. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi asupan makanan untuk bayi di usia 9-12 bulan yang bisa jadi pilihan Mommy :

  • Kuning telur matang.
  • Daging sapi atau daging ayam yang telah dicincang.
  • Keju yang dipotong kecil-kecil.
  • Tahu yang dipotong kecil-kecil.
  • Sayur-sayuran seperti kembang kol, wortel, labu, dan brokoli yang dikukus hingga lunak.

Bayi Usia Di Atas 12 Bulan

Jangan Sampai Salah Moms, Yuk Pelajari Jenis-jenis MPASI Sesuai Usia Bayi
source: https://parenting.firstcry.com/

Terakhir, memasuki usia 12 ke atas, bayi sudah mulai dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan bentuk dan tekstur yang hampir sama dengan makanan orang dewasa sehari-hari. Di usia ini, bayi biasanya juga sudah mulai memiliki preferensi mengenai makanan yang sesuai dengan selera lidahnya. Jadi jangan heran jika si kecil menjadi lebih pemilih. Namun, Mommy dapat mengakalinya dengan membuat beragam kreasi makanan finger food yang menarik dan enak.