Motivasi Puasa Anak

Menjadi orang tua, memiliki anak yang mengerti agama adalah suatu impian besar. Hal tersebut tentu tidak serta merta tanpa didikan dan dorongan belajar. Langkah terbaik adalah pendidikan keluarga dari usia dini. Salah satu moment yang tepat untuk memberikan pembelajaran agama adalah ketika menjumpai bulan puasa. 

Motivasi Puasa Anak

Ketika bulan puasa, semua hal baik di televisi atau suasana ibarat saling bersinergi untuk menyambut bulan penuh berkah tersebut. Nah dari situ moms bisa menunjukkan kepada anak betapa pentingnya jika anak mampu mengikuti puasa. Meski mungkin hanya bisa setengah hari, nantinya anak akan semakin terpicu jika moms memberikan motivasi yang nyata untuk kesenangannya. 

Hadiah

Salah satu motivasi yang nyata selain pahala adalah hadiah. Bagi anak yang amsih usia dini, tidak semua mampu memikirkan pahala dan sebagainya. Nah, memberikan hadiah atau reward atas apa yang dilakukannya merupakan salah satu langkah yang tepat agar anak semakin semangat untuk berpuasa. 

Hadiah

Pemberian hadiah tersebut pun dilakukan setelah menyelesaikan puasa hingga akhir ramadhan. Moms bisa memilih pemberian hadiah tersebut dihitung sesuai dengan puasa yang di dapat, atau disertai dengan shalat tarawih yang diikuti. Coba diskusikan dengan anak moms agar terjalin komuniakasi yang baik dan saling menghangatkan satu sama lain. Tentunya penghargaan ini akan berpengaruh kepada kehidupannya kelak. 

baca juga

Berlibur ke Tempat Impian Anak

Biasanya anak memiliki tempat impian untuk dikunjungi. Baik diketahui dari gambar atau televisi, hal yang membuatnya tertarik pasti akan tersimpan di memorinya dan ingin dicapainya. Nah moms, berlibur di tempat impiannya bisa menjadi salah satu motivasi yang baik agar anak semakin semangat dalam berpuasa. Karena dia akan terpacu dengan keinginan mencapai impian yang diinginkannya. Pasti akan lebih semangat kan moms! 

Peralatan Shalat

Selain membahagiakan anak, memberikan barang yang dapat digunakan untuk belajar selanjutnya juga sangat baik moms. Seperti memberikan peralatan shalat pada anak. Dalam pemberian alat shalat ini, moms dapat lebih untung dua kali. Karena selain memotivasi si kecil untuk berpuasa, moms juga bisa memanfaatkan alat sholat anak tersebut untuk mengajarkan kepadanya beribadah lagi. Jadi lebih efisien kan moms? 

Peralatan Shalat
baca juga

Uang Tunai

Tidak semua anak menyukai pemberian barang. Bagi mereka yang suka memilih milih barang sendiri atau membeli sesuka hati, kadang lebih memilih uang untuk diadikan sebagai hadiah. Atau mungkin bisa dimasukkan ke dalam tabungan anak untuk memenuhi isi celengan. Nah, uang tunai dapat dijadikan sebagai pilihan untuk memotivasi anak dalam berpuasa ya moms! 

Peralatan Yang Bisa Mengasah Kreativitas dan Hobi

Anak kecil sangat menyukai hal-hal baru yang belum pernah atau jarang dijumpainya. Nah seperti peralatan baru atau mainan edukatif yang bermanfaat untuk mengasah kreatifitas si kecil bisa menjadi pilihan hadiah moms. Sebagaimana alat shalat, moms bisa mendapatkan manfaat ganda.  Yakni memberikan hadiah ini untuk menjadikan otaknya lebih cemerlang dengan memainkannya.  

Peralatan Yang Bisa Mengasah Kreativitas dan Hobi

Masak Makanan Favorit Anak

Banyak hal yang disukai anak untuk dihadiahkan. Pilihan hadiah ini lebih ringan untuk dipilih moms. Yakni dengan membuatkan makanan favorit anak ketika berbuka puasa. Meski terkesan cukup biasa, namun bagi anak yang menyukai makanan. Pilihan ini bisa memudahkan moms lho, selain lebih hemat moms juga bahagia ketika melihat anak lahap dalam memakan masakan favoritnya. 

Masak Makanan Favorit Anak

Perlengkapan Sekolah

Biasanya libur ramadhan bertepatan dengan libur kebaikan kelas. Nah moms, memberikan hadiah berupa perlengkapan sekolah dapat menjadi pilihan untuk si kecil. Karena anak menyukai hal-hal baru apalagi jika digunakan untuk sekolah. Selain untuk memotivasi berpuasa, hadiah peralatan sekolah juga dapat memicu semangat untuk bersekolah moms. 

Perlengkapan Sekolah