Mengonsumsi susu bermanfaat untuk kesehatan, apalagi diketahui di dalam susu terkandung berbagai mineral dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. Tapi di masyarakat muncul anggapan bahwa minum susu dapat mengakibatkan berat badan berlebih, untuk menyiasati hal ini moms bisa memilih untuk minum susu rendah lemak. Susu rendah lemak adalah jenis susu yang sudah diminimalisir kadar lemaknya menjadi tinggal 1 - 2% atau bahkan sampai tidak ada sama sekali. Susu dengan kadar lemak 2% menyumbang sekitar 120 kalori dan 4,5 gr lemak, sedangkan kadar 1% lemak dalam susu mengandung 100 kalori dan 2,5 gr lemak. 

Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih tinggi dibanding dengan orang dewasa yang tidak hamil. Itulah sebabnya di pasaran banyak beredar produk-produk khusus untuk hamil termasuk susu. Sebenarnya konsumsi susu untuk ibu hamil tidak harus dikhususkan, asalkan susu tersebut telah melalui proses pasteurisasi. Namun, banyaknya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil membuat produsen susu berlomba untuk menawarkan produk susu terbaik. Salah satu indikasi bahwa produk susu yang baik adalah rendahnya kandungan lemak yang terdapat dalam susu, karena terkadang asupan makanan untuk ibu hamil sudah dilebihkan, jadi konsumsi susu tinggi lemak dikhawatirkan dapat memberi efek negatif terhadap berat badan ibu hamil dan janin.

Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil
baca juga

Lactamil Pregnasis

Lactamil Pregnasis adalah salah satu merek susu khusus ibu hamil yang rendah gula dan lemak.
Dalam produk susu ini terdapat kandungan ADIK+, asam folat, vitamin D, Zat Besi, dan Kalsium
dalam kadar yang tinggi sehingga sangat baik dalam pembentukan sel-sel baru dan hormon pada janin tanpa berisiko membuat ibu dan bayi menderita berat badan berlebih. Lactamil Pregnasis cukup mudah ditemukan di pasaran dan bisa moms dapatkan dengan harga sekitar Rp35.000 untuk 200 gr susu bubuk dan Rp 70.000 untuk 400 gr.

Lactamil Pregnasis

Prenagen Mommy

Salah satu merek susu yang paling mudah ditemukan ini juga rendah lemak dan bisa mencegah kegemukan ibu dan janin. Prenagen Mommy mengandung vitamin B12 yang berguna untuk pertumbuhan sel darah merah janin, selain itu terdapat juga kandungan DHA dan Kolin untuk perkembangan fungsi otak janin, serta kalsium dan asam folat yang baik untuk mencegah kerusakan sumsum tulang belakang janin. Prenagen Mommy dapat dijumpai di berbagai minimarket dengan kisaran harga Rp78.000 untuk ukuran 400 gr dan Rp49.000 untuk ukuran 200 gr, susu ini juga tersedia dalam berbagai macam rasa.

Prenagen Mommy
baca juga

Anmum Materna

Jika moms baru saja memasuki masa kehamilan dan sering mengalami mual dan muntah, maka salah satu merek susu hamil yang bisa dijadikan pilihan adalah Anmum Materna. Susu ini dilengkapi vitamin B6 yang dapat mengurangi keluhan mual dan muntah selama kehamilan. Selain itu susu ini juga kaya akan kandungan asam folat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat otak dan tulang belakang pada janin, serta asam sialat yang dapat membantu pertumbuhan mental bayi. Anmum Materna bisa didapat dengan harga kisaran Rp45.000 untuk 200 gr susu.

Anmum Materna

Frisian Flag Mama

Merek susu yang terkenal dengan kental manisnya ini kini mulai memproduksi beragam jenis susu, termasuk susu khusus ibu hamil. Merek Frisian Flag Mamam ini menyimpan kandungan ALA/AA dalam bentuk asam lemak esensial yang akan menunjang pertumbuhal sel otak dan retina janin. Selain itu susu ini juga diperkaya serat pangan inulin yang akan menjaga fungsi saluran cerna. Dapatkan Frisian Flag Mama di supermarket atau minimarket terdekat dengan harga sekitar Rp25.000 untuk 200 gr susu bubuk. 

Frisian Flag Mama

Frisomum

Frisomum mengandung prebiotik yang akan menjaga saluran cerna ibu serta mencegah terjadinya konstipasi. Susu ini juga kaya akan kandungan berbagai nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin di masa kehamilan. Frisomum bisa moms dapatkan di berbagai supermarket dengan kisaran harga Rp90.000 untuk kemasan 400 gr susu.

Frisomum