Kimchi khas Korea
Kimchi, makanan khas Korea yang berasal dari sayuran dengan tambahan bubuk cabai, garam dan bumbu lainnya diolah dengan proses fermentasi. Rasanya mirip dengan asinan di Indonesia, bagi Moms yang suka pedas menu ini sangat pas untuk dicoba di tengah kehangatan keluarga tercinta. 

Mudah dan Praktis! Ini Cara Membuat Kimchi Khas Korea, Bikin Sendiri di Rumah Moms
source: https://www.makesauerkraut.com/traditional-kimchi-square-cut/

Pada masyarakat Korea dikenal dengan tradisi membuat kimchi. Cara membuat kimchi dikenal dengan istilah kimjang. Tradisi ini dilakukan di hari yang cerah ketika angin bertiup (pada awal dan pertengahan Desember).

Bahan utama dan bumbu utama kimchi khas Korea
Mudah dan Praktis! Ini Cara Membuat Kimchi Khas Korea, Bikin Sendiri di Rumah Moms
source: https://www.pakeotac.com/homemade-kimchi/

Untuk membuat kimchi khas Korea ini pastinya dibutuhkan sawi putih dan bumbu gochugaru. Gochugaru adalah sejenis bubuk cabai dari Korea. Jika Moms kesulitan menemukan gochugaru, bisa diganti menggunakan bubuk cabai lokal dan ditambahkan bumbu-bumbu lain dan bisa disesuaikan sendiri takarannya.

baca juga

Resep dan cara membuat kimchi khas Korea

Bahan-bahan: 

  • 1 buah sawi putih ukuran besar. 
  • 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang. 
  • 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang.


Bumbu kimchi khas Korea:
6 sdm gochugaru (bubuk cabe Korea, jika tidak ada Moms bisa memakai bubuk cabe biasa) 

  • 2 sdt garam dapur 
  • 1 sdm gula 
  • 1/2 gelas garam laut kasar
  • 4 siung bawang putih, parut. 
  • 1 ruas jari jahe, parut
  • Air secukupnya
youtube:xCRB2LHCy_c
source: https://youtu.be/xCRB2LHCy_c
Resep KIMCHI (Acarnya Lee Min-ho) 😁

Cara membuat:

  1. Langkah petama sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan menggunakan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi dan pastikan benar-benar bersih.
  2. Lalu campurkan dua gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar, rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.
  3. Kemudian setelah dibiarkan selama 6 jam, angkat sawi dan cuci lagi hingga bersih ke sela lipatan daun sawi. Moms dapat membiarkan sawi utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil. 
  4. Lalu campurkan semua bumbu. Kemudian balurkan campuran bumbu hingga merata ke sela lembar daun sawi tambahkan lobak dan irisan daun bawang.
  5. Moms bisa sambil meremas sawinya agar cairan sayuran keluar. Dan kemudian cuci. Lalu simpan didalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara, dan biarkan 2 hari. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.


Nah Moms, mudah bukan cara membuatnya? Selamat mencoba ya!