1. Gaya Hidup Tidak Sehat

source: https://www.medicalnewstoday.com/

Gaya hidup kerap menjadi hal yang disepelekan saat menjalani masa kehamilan. Mulai dari pola makan, kebiasaan merokok atau minum alkohol, hingga jadwal istirahat yang tidak teratur. Memiliki aktivitas yang terlalu padat berpotensi menyebabkan ibu hamil mengalami kelelahan. Jika diikuti dengan tekanan yang serius, kondisi ini dapat mengakibatkan pembuluh darah mengecil. Akibatnya, pasokan oksigen dan darah yang harusnya dialirkan ke kandungan pun terganggu. Kondisi ini juga berisiko menyebabkan daya tahan tubuh ibu mengalami penurunan. Tingkat risiko infeksi virus pun semakin tinggi.

2. Lingkungan yang Tercemar dan Polusi

source: https://inhabitat.com/

Waspadai pula lingkungan tempat ibu hamil berada. Beragam asap polusi dan lingkungan yang tercemar dapat meningkatkan potensi keguguran. Meskipun tidak merokok, ibu hamil yang menjadi perokok pasif juga berisiko mengalami gangguan pada kehamilannya. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan masker saat berpergian untuk menghindari udara yang tidak bersih, Moms.

baca juga

3. Stress Selama Masa Kehamilan

source: https://www.lucidatreatment.com/

Pekerjaan yang menumpuk atau masalah dengan keluarga kerap menimbulkan tekanan tersendiri bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Sayangnya, stress sangat berisiko menyebabkan keguguran. Pasalnya, stress yang dialami ibu selama masa kehamilan dapat mengakibatkan ketidakseimbangan homonal hingga berdampak pada kondisi janin yang melemah.

4. Faktor Usia

source: https://www.pregnanttraveler.com/

Nah, yang satu ini juga tidak kalah sering dialami para ibu hamil. Menjalani kehamilan di usia yang sudah tidak lagi muda memang dapat menjadi sebuah anugerah. Namun, Mommy perlu waspada dengan risiko-risiko yang dapat dialami. Pasalnya, di usia yang tidak lagi muda, akan ada banyak perubahan tubuh dan kemampuan fisik yang cukup signifikan. Jadi, rutinlah melakukan konsultasi dengan dokter.

baca juga

5. Kelainan Genetik

source: https://www.medium.com/

Masalah kelainan genetik merupakan kondisi yang sangat berisiko tinggi menyebabkan keguguran. Itulah sebabnya jika Mommy kerap mengalami keguguran, segera lakukan perawatan dan pemeriksaan intensif untuk mengetahui lebih lanjut potensi hal ini. Potensi kelainan genetik ini dapat terjadi pada istri maupun suami.

6. Infeksi yang Menyerang Alat Reproduksi

source: https://www.litter-robot.com/

Jangan sepelekan beragam tindakan medis yang harus dilakukan saat kandungan masih berusia muda. Sebut saja vaksinasi TORCH untuk mencegah infeksi beragam virus yang menyerang reproduksi. Rubella dan toksoplasma kerap menjadi virus penyebab keguguran pada kehamilan. Jadi, lakukanlah pencegahan sejak dini.

7. Riwayat Kehamilan

source: https://nypost.com/

Jika Mommy pernah mengalami keguguran sebelumnya, segeralah lakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebab keguguran yang pernah terjadi. Kondisi ini dapat menandakan adanya kelainan genetik yang harus ditangani atau kesalahan pada gaya hidup yang harus diubah. 

Itulah 7 penyebab keguguran yang harus diwaspadai ibu hamil sejak dini. Pastikan untuk selalu memerhatikan diri dan lingkungan demi menjaga tumbuh kembang janin dalam kandungan.