Setara Ibadah Haji

Keutamaan umrah di bulan ramadhan yang pertama adalah setara ibadah haji. Umrah pada Bulan Ramadhan sangat ditekankan. Sebab, berdasarkan hadis Nabi SAW, pahala umrah pada Ramadhan sama seperti pahala haji bahkan seperti berhaji dengan Rasulullah.

Setara Ibadah Haji
source: https://www.moneysmart.id/

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ
“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Pahala Berlipat Ganda

Ketika Mommies melaksanakan ibadah di Bulan Ramadhan itu artinya Moms tidak hanya mendapatkan satu pahala saja, melainkan berlipat-lipat pahala yang Mommies dapatkan. Maka dari itu jika Moms memilih untuk pergi umrah ketika Bulan Ramadhan berarti Moms mendapat pahala umrah berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda:

Pahala Berlipat Ganda
source: https://dailysocial.id/

يا أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم ، شهر فيه ليلة خير من ألف شهر ، جعل الله صيامه فريضة، وقيام ليله تطوعا ، من تقرب فيه بخصلة من الخير كان كمن أدى فريضة فيما سواه، ومن أدى فيه فريضة كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه

“Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Shalat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya.” (HR. Al-Mahamili dalam Al-Amali 5: 50 dan Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya 1887. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini munkar seperti dalam Silsilah Al-Ahadits Adh-Dha’ifah no. 870)

baca juga

Terkabulnya Doa

Moms tahu nggak sih? Diantara waktu mustajab untuk berdoa salah satunya adalah ketika umrah di Bulan Ramadhan. Jadi jika Moms memiliki hajat tertentu, boleh tuh Moms menrencanakan jauh-jauh hari untuk pergi umrah ketika Ramadhan. Karena dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT ketika umrah, InsyaAllah doa Mommies akan dikabulkan. Seperti yang riwayatkan oleh Abu Huraira, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Terkabulnya Doa
source: http://www.asbihunu.com/

Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah, maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya”. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Penghapus Dosa

Jika Moms pergi umrah di Bulan Ramadhan, tidak hanya doa yang akan diijabah oleh Allah, tapi Moms juga akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ
“Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

baca juga

Jihad Bagi Wanita

Keutamaan umrah di bulan ramadhan lainnya adalah untuk Moms akan dihitung pahala jihad lho, Moms. Seperti yang diriwayatkan Aisyah RA, ia berkata:

Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Rasulallah SAW menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh.” (HR. Ibnu Majah).

Jihad Bagi Wanita
source: http://hopeftp.org/

Wah, ternyata banyak ya Moms keutamaan umrah di Bulan Ramadhan. Jadi yuk mulai menabung untuk berangkat umrah di Bulan Ramadhan. Karena pada umumnya, umrah di Bulan Ramadhan relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan umrah di waktu-waktu di luar Bulan Ramadhan. Jika tidak tahun ini, semoga Mommies sekeluarga bisa umrah di Bulan Ramadhan tahun depan, ya. Aamiin.