Aktif Zumba Saat Hamil? Sah-sah Aja Asal Ikuti Aturan Ini, Moms

Zumba Saat Hamil

Zumba adalah olahraga yang berasal dari Kolumbia yang menggunakan gerakan tarian dengan irama Latin. Zumba adalah salah satu olahraga yang baik bagi ibu hamil selain berenang. Bahkan menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, ibu hamil disarankan sebaiknya untuk tetap aktif berolahraga.

Tubuh Moms yang tetap aktif selama hamil membantu meningkatkan sirkulasi tubuh dan menghilangkan kram serta kaki bengkak. Zumba saat hamil bahkan, bisa membantu meningkatkan kekuatan dan mengurangi nyeri punggung, terutama saat kehamilan mulai membesar.

Hal tersebut didukung riset American College of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG) yang menemukan bahwa wanita hamil diperbolehkan melakukan aktivitas fisik hingga intensitas sedang. Namun ACOG juga menyarankan agar detak jantung ibu hamil tidak boleh lebih dari 140 kali per menit selama latihan.

Saat melakukan zumba pula diwaspadai juga sinyal-sinyal negatif dari tubuh Moms seperti keluarnya cairan dari vagina, sakit kepala, nyeri dada, pusing, bahkan kontraksi rahim. Jika itu terjadi maka olahraga lebih baik segera dihentikan.

Aktif Zumba Saat Hamil? Sah-sah Aja Asal Ikuti Aturan Ini, Moms

Aturan Zumba Saat Hamil

Karena setiap olahraga juga bisa berisiko tinggi pada sebagian kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya Moms terlebih dahulu perlu dilakukan adalah konsultasi ke dokter kandungan sebab itu bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari semua resiko. Aturan zumba saat hamil yang harus diperhatikan pertama adalah tidak dilakukan lebih dari 2-3 kali dalam seminggu ya Moms, agar lebih aman untuk kesehatan janin.

Aturan kedua, batasi gerakan dan sesuaikan gerakan dengan kondisi tubuh. Melakukan berbagai perubahan gerakan yang sesuai dengan kondisi. Seperti ganti gerak melompat dengan melangkah jauh agar tidak mengganggu janin. Memperlambat dan membatasinya agar suhu tubuh tidak cepat naik, sehingga jantung stabil dan Moms juga bisa menyimpan banyak tenaga. Sebab kenaikan suhu tubuh yang terlalu tinggi karena bisa membahayakan ibu dan janin.

Aturan selanjutnya yang diperhatikan yakni perbanyak minum air putih agar terhindar dari bahaya dehidrasi. Dengan perbanyak konsumsi air Moms juga membantu menstabilkan suhu tubuh ibu yang terlalu panas akibat berolahraga. Jadi minumlah banyak air sebelum, selama, dan setelah berolahraga ya Moms.

Aturan terpenting lain jika ibu hamil ingin zumba adalah jangan memaksakan diri. Karena sebaik apapun zumba sebagai salah satu olahraga yang tetap saja bila kondisi Moms kurang baik tentu akibatnya berbahaya bagi Moms dan janin.

Melihat pentingnya kebugaran tubuh ibu hamil, Moms juga harus tetap semangat berolah raga. Zumba bisa jadi salah satu pilihan, tapi memang senam saat hamil harus perlu memperhatikan beberapa aturan untuk menjaga kebaikan Moms dan janin. Yuk Moms tetap bugar saat hamil dengan zumba.