Jangan Lupa Pasang Alarm

Pasang alarm adalah hal wajib jika Moms ingin bangun sahur tepat waktu. Usahakan posisi alarm jauh dengan tempat tidur, jadi ketika alarm berbunyi Moms harus memaksa diri untuk bangun dan mematikan alarm. Jadi Moms tidak akan tidur lagi setelah suara alarm mati. Pastikan Moms mengatur waktu alarm 1,5 jam lebih awal, kan Mommies harus memasak dahulu ketika sahur.

Jangan Lupa Pasang Alarm
source: https://www.cnnindonesia.com/

Tidur Lebih Awal

Cara kedua jika Moms ingin mudah bangun sahur tepat waktu adalah tidur lebih awal. Tidur lebih larut akan membuat Moms tidur lebih lama. Karena setiap orang membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat, maka mengistirahatkan tubuh lebih awal akan membuat Moms lebih segar dan bersemangat ketika sahur. Jangan lupa jauhkan gadget dari tempat tidur ya, agar Moms tidak tertarik untuk memainkannya.

Tidur Lebih Awal
source: https://travel.tribunnews.com/
baca juga

Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Cara ketiga agar mudah bangun sahur adalah jangan makan berlebihan saat berbuka puasa. Tahu nggak sih, Moms? Umumnya ketika makanan sampai ke lambung, maka sistem pencernaan akan menyerap zat gizinya yang sebagian akan diubah menjadi energi dan sebagian lagi akan membantu tubuh memproduksi dan mengatur berbagai hormon, seperti kolesistokinin dan glukagon yang memicu rasa kenyang sekaligus menaikkan gula darah, serta serotonin dan melatonin yang merangsang rasa kantuk. Jadi semakin banyak Moms makan ketika berbuka, maka Moms akan cepat mengantuk dan tidur lebih lama.

Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa
source: https://www.asmaraku.com/

Hindari Kafein Sebelum Tidur

Minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lain wajib Moms hindari sebelum tidur jika ingin bangun sahur tepat waktu. Saat Moms mengonsusmi minuman berkafein, maka zat kafein akan memblokir bahan kimia yang menginduksi tidur dalam otak, dan meningkatkan kerja adrenalin. Sehingga minum minuman berkafein akan membuat Moms terjaga lebih lama.

Hindari Kafein Sebelum Tidur
source: https://gaya.tempo.co/
baca juga

Mantapkan Niat

Cara terakhir agar Moms bangun sahur tepat waktu adalah mantapkan niat untuk bangun sahur tepat waktu. Niat yang kuat akan membuat Moms semangat. Dan semangat tersebut muncul dari dalam diri Moms sendiri. Jadi tiap sebelum tidur jangan lupa selalu niatkan dalam hati untuk bangun sahur tepat waktu.

Mantapkan Niat
source: https://liburmulu.com/

Nah Moms itu tadi tips mudah bangun sahur tepat waktu, semoga tips tadi bermanfaat ya, Moms.