Cacar Monyet
 

Cacar monyet atau monkeypox merupakan penyakit kulit yang berasal dari negara terpencil di Afrika Tengah dan Barat. Penyakit ini tergolong penyakit yang langka yang disebabkan oleh Monkeypox Virus (MPXV). Sesuai dengan namanya, penyakit ini dapat ditularkan oleh monyet. Tidak hanya monyet, tupai Afrika, tikus, dan kelinci pun dapat menularkan penyakit ini. Jika manusia melakukan kontak langsung dengan hewan yang terjangkit virus ini, maka virus tersebut dapat segera menyebar.

source: https://images.newscientist.com/wp-content/uploads/2018/09/27120515/penth4.jpg

Viral Virus Cacar Monyet

Penyakit cacar monyet kembali terdengar saat dikabarkan ada seorang pria asal Nigeria yang terjangkit virus monkeypox memasuki Negara Singapura. Dikabarkan oleh Kementrian Kesehatan Singapura, pria tersebut menghadiri pernikahan temannya dan mengonsumsi daging hewan liar sebelum datang ke Singapura. Konsumsi daging hewan liar dapat menyebabkan penularan virus monkeypox terhadap manusia.

source: https://hips.hearstapps.com/hmg-prod.s3.amazonaws.com/images/monkeypox-1537970067.jpg?crop=1xw:0.88948187680676xh;center,top&resize=480:*
baca juga

Cacar Monyet Adalah

Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit kulit yang terbilang langka. Penyakit ini mirip seperti cacar biasa, namun bisa dikatakan tidak seganas cacar smallpox. Penyakit ini pertama kali diidap manusia pada tahun 1970. Tercatat 10 orang terjangkit penyakit ini pada saat itu. Wabah tersebut kembali menyerang Nigeria pada tahun 2017 dengan jumlah kasus sampai 172 orang.

source: http://www.lagostelevision.com/wp-content/uploads/2017/10/Monkey-pox.jpg

Penularan Cacar Monyet

Penyakit cacar monyet dapat menular melalui kontak langsung dengan hewan yang terjangkit virus. Jika sudah menular kepada manusia, penyakit ini dapat menular ke manusia lain melalui air ludah yang terpercik saat batuk, bersin, atau berbicara. Selain itu virus ini dapat menular jika terdapat kontak langsung dengan cairan yang terdapat pada tubuh penderita. Menyentuh pakaian bekas pakai orang yang sedang terjangkit virus ini juga dapat menyebabkan menularnya virus ini.

source: https://cdn.passporthealthglobal.com/wp-content/uploads/2018/10/Monkeypox-UK-1.jpg?x10491
baca juga

Gejala Cacar Monyet

Grjla awal yang akan dialami penderita cacar monyet yaitu demam, tidak enak badan, dan mual. Gejala ini terlihat cukup umum, hingga pada empat sampai tujuh hari akan timbul bercak seperti ruampada kulit yang berisi cairan. Luka tersebut lama kelamaan akan menjadi borok dan mengering. Biasanya, juga akan terjadi pembengkakan pada daerah getah bening.

source: https://www.dimsumdaily.hk/wp-content/uploads/2019/05/Monkeypox-1-1.jpg

Pencegahan Virus Cacar Monyet

Belum ada vaksin khusus yang dapat menangani penyakit ini. Yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah terjangkitnya penyakit ini yaitu hindari kontak langsung dengan hewan primata dan hewan pengerat. Apabila situasi mengharuskan untuk melakukan kontak langsung dengan hewan tersebut, gunakan peralatan yang lengkap seperti pakaian, masker, kacamata, sarung tangan dan lain-lain untuk mencegah menyebarnya virus. Begitu juga saat kontak langsung dengan penderita cacar monyet, gunakan perlindungan yang lengkap serta selalu mencuci tangan dan tubuh setelah berinteraksi langsung dengan pasien.

source: https://cdn.i-scmp.com/sites/default/files/styles/1200x800/public/d8/images/methode/2019/05/10/02bef774-72d4-11e9-b91a-87f62b76a5ee_image_hires_113450.JPG?itok=I5yzgxnP

Demikian beberapa informasi mengenai cacar monyet. Semoga bermanfaat Moms!