Payudara bengkak saat menyusui biasanya disebabkan ASI yang berlebih dan tidak dapat dikeluarkan, yang secara istilah disebut breast engorgement. Dalam kondisi tersebut payudara Moms akan terasa keras dan bengkak.

Gejala yang sering muncul saat Moms mengalami breast engorgement antara lain payudara terasa bengkak, keras dan sakit. Bahkan dalam kondisi lebih parah, payudara akan memerah, panas, serta ada benjolan keras saat disentuh dan putingpun terlihat datar sehingga membuat bayi kesulitan untuk menyusui.

Namun kabar baiknya, breast engorgement bukan sesuatu yang berbahaya harus perlu penanganan rumah sakit, cukup dengan melakukan treatment sederhana di rumah maka masalah ini dapat diatasi.

Payudara Bengkak Saat Menyusui? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms

Penyebab Payudara Bengkak

Penyebab payudara bengkak sebenarnya saat beragam bukan hanya karena produksi asi yang besar tapi juga jadwal menyusui yang tidak rutin. Semisal pada wanita karir, ada kondisi tertentu dimana Moms tentu tidak dapat setiap saat memberikan ASI secara teratur seperti halnya ibu yang tidak bekerja. Maka hal ini bisa memicu payudara membengkak.

Selain itu, jika produksi ASI Moms melimpah namun bayi belum banyak menyusui pun dapat memberi masalah. Hal ini bisa terjadi bila Moms sudah mulai mengenalkan MPASI, sehingga ASI bukan lagi satu-satunya asupan gizi pada bayi dan ketergantungan anak pada ASI juga mulai berkurang. Bila hal itu terjadi maka sangatlah bijak jika melakukan pemompaan ASI ya Moms.

Payudara Bengkak Saat Menyusui? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya, Moms

Cara Mengatasi Payudara Bengkak

Sebenarnya cara mengatasi payudara bengkak bisa dilakukan dengan cukup mudah. Cara pertama yakni, kompres dengan handuk hangat saat payudara mulai terasa membengkak. Tujuanya, agar membantu aliran ASI lebih lancar. Cara kompresnya cukup tempelkan handuk hangat pada payudara sekitar 3 menitan. Sebaiknya jangan kompres terlalu lama karena air hangat juga bisa membuat bengkak semakin parah dan ASI susah keluar.

Sebaiknya, untuk pembengkakan yang dirasa sudah parah kompres dengan es batu adalah pilihan tepat. Kompreslah dengan es batu sebelum dan sesudah menyusui, dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Tips lain untuk mengurangi pembengkakan yaitu dengan memijat payudara. Pijat payudara Moms saat sedang menyusui bayi untuk agar ASI mengalir lebih lancar dan pembengkakan dapat dihindari.

Cara yang tak kalah penting tentu dengan menyusui secara rutin. Namun bila payudara terasa sangat penuh sedangkan bayi sedang tidur, maka lakukan pemompaan ASI agar rasa sakit yang dirasakan akan berkurang.
 
Moms dapat menyusui adalah anugrah tersendiri bagi seorang ibu. Dan pembengkakan payudara bisa jadi suatu kewajaran dalam proses menyusui itu sendiri. Maka dari itu pemahaman akan proses menyusui juga harus dimiliki agar ibu dan bayi sama-sama merasa nyaman.