Olahraga Saat Puasa

Puasa Jangan Loyo! Ini Dia Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Bugar
source: https://www.buzzfeed.com/

Sebagian orang mengeluhkan berat badan yang bertambah saat Ramadhan. Selain itu, ada pula yang merasakan tubuh yang lemas dan lesu selama menjalani ibadah puasa. Ini menandakan bahwa masih ada yang kurang dalam aktivitas sehari-hari hingga akhirnya manfaat dari puasa yang sebenarnya baik bagi tubuh tidak didapatkan dengan optimal. Salah satu yang paling banyak disepelekan adalah olahraga saat puasa.

Tips Olahraga Saat Puasa

Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai tips dan trik untuk berolahraga selama puasa. Jika dilakukan dengan baik dan konsisten, dijamin puasa Mommy akan terasa lebih ringan. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih segar dan bugar selama berpuasa.

Puasa Jangan Loyo! Ini Dia Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Bugar
source: https://metro.co.uk/
baca juga

1. Pilih Olahraga Ringan

Puasa Jangan Loyo! Ini Dia Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Bugar
source: https://almadinainstitute.org/

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis olahraga yang akan Mommy lakukan selama berpuasa. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang bisa dipilih, yang terpenting olahraga tersebut memiliki intensitas yang ringan. Hindari rutinitas lari, zumba, atau beragam latihan fisik dengan intensitas tinggi. Sebaliknya, yoga dan pilates bisa jadi pilihan karena memiliki gerakan yang ringan dan tidak menguras energi. Beberapa home workout seperti squat, sit up, push up, atau russian twist dapat dilakukan untuk memperlancar peredaran darah saat tubuh mulai lemas dan mengantuk di siang hari.

2. Pilih Waktu yang Tepat 

Puasa Jangan Loyo! Ini Dia Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Bugar
source: https://www.nytimes.com/

Selanjutnya, jangan lupa untuk memilih waktu berolahraga yang tepat. Pada dasarnya tiap orang memiliki kecenderungannya masing-masing untuk berolahraga. Bagi mereka yang sudah rutin dan terbiasa dengan olahraga, tentu berlatih di pagi atau siang hari bukanlah halangan. Namun, jika Mommy khawatir tidak kuat, olahraga selama 30 menit jelang waktu berbuka akan menjadi pilihan yang tepat.

baca juga

3. Atur Pernafasan dengan Baik

Puasa Jangan Loyo! Ini Dia Tips Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Fit dan Bugar
source: https://www.runsociety.com/

Jika Mommy khawatir kehausan saat berolahraga, pastikan untuk selalu menjaga bernafasan dengan baik dan teratur saat berolahraga. Hal ini penting untuk mencegah tenggorokan menjadi kering dan serak. Pastikan untuk selalu mengambil nafas dalam dan panjang agar aliran darah juga menjadi lancar. Dengan begitu, manfaat olahraga dan berpuasa dapat menjadi semakin optimal.