Toilet training adalah proses belajar anak untuk buang air kecil dan buang air besar di toilet. Jadi si kecil tidak akan buang air kecil dan buang besar di diapersnya lagi. Tapi ingat ya Moms, kesiapan setiap anak tentang toilet training itu berbeda-beda, jadi Moms harus benar-benar tahu kapan si kecil siap toilet training. Jadi bagaimana tips mengajarkan toilet training pada anak?

Pastikan Si Kecil Siap

Terdapat dua jenis tanda anak siap lakukan toilet training, yaitu secara fisik dan emosional. Moms bisa memperhatikan dari keseharian si kecil. Jika menurut Moms si kecil sudah siap secara fisik maupun emosional melakukan toilet training, maka Moms bisa segera memulai mengajarkan toilet training pada si kecil.

Tanda anak siap lakukan toilet training secara fisik:

  • Si kecil memperlihatkan ekspresi saat menahan BAK atau BAB.
  • Popok kering saat bangun tidur atau setelah dua jam pemakaian.
  • Tidak BAB di popok saat malam hari.
  • BAB terjadi pada waktu yang sama tiap harinya atau pada waktu yang tidak bisa diprediksi.
  • Si kecil mampu melepas dan memakai pakaian serta mampu berkomunikasi tentang pemakaian toilet.
Pastikan Si Kecil Siap

Sementara itu, tanda anak siap lakukan toilet training secara emosional dapat ditandai dengan:

  • Si kecil akan memberitahu Moms ketika popoknya kotor dan meminta untuk diganti dengan yang baru.
  • Si kecil lebih memilih memakai celana dalam ketimbang popok.
  • Menunjukkan ketertarikannya ketika Moms memakai kamar mandi.
  • Memberitahu Mommies ketika ingin buang air.
  • Bersemangat mengikuti semua proses toilet training.
baca juga

Biasakan ke Kamar Mandi

Moms bisa memulai dengan mengenalkan dan membiasakan si kecil BAK dan BAB di dalam toilet. Perlihatkan cara Moms membuang dan menyiram kotoran si kecil di kloset. Ajak si kecil ketika Moms menggunakan toilet agar dia semakin paham apa sebenarnya fungsi toilet. Moms juga bisa menceritakan pada si kecil tentang proses BAK dan BAB atau menceritakan sebuah cerita tentang toilet pada si kecil. Jadi si kecil akan semakin kenal dengan toilet.

Biasakan ke Kamar Mandi
source: https://wolipop.detik.com/

Atur Jadwal

Moms bisa membiasakan si kecil BAK dengan mengajaknya ke toilet setiap setengah jam sekali. Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal BAB nya. Jadi ketika jam BAB si kecil tiba, Moms bisa segera mengajak si kecil ke dalam toilet. Hal ini akan mendorong si kecil untuk BAK dan BAB di toilet dengan sendirinya.

Atur Jadwal
source: http://pauddikmasjateng.kemdikbud.go.id/
baca juga

Konsisten

Jika Moms sudah mulai mengajarkan toilet training pada si kecil, maka Moms juga harus konsisten dan telaten melaksanakan latihan toilet training. Sehingga si kecil tidak akan bingung harus BAK dan BAB dimana. Harus di popoknya atau di dalam toilet.

Konsisten
source: https://bebeclub.co.id/

Beri Pujian

Ketika si kecil berhasil BAK atau BAB di toilet, jangan lupa memberikan pujian meski itu hanya dia lakukan sekali. Hal ini akan membuat si kecil bersemangat untuk belajar toilet training. Semakin sering dipuji ketika dia berhasil, maka dia akan semakin rajin menggunakan toilet ketika merasa ingin BAK atau BAB.

Beri Pujian
source: https://nakita.grid.id/

Hindari Kesalahan Saat Melatih Toilet Training

Sebagai orangtua terkadang kita tidak sadar melakukan kesalahan saat melatih toilet training, dan hal ini tentu perlu dihindari ya Moms agar si kecil tidak ragu belajar toilet training. Apa saja kesalahan saat melatih toilet training yang sering dilakukan orangtua?

  • Mengajarkan toilet training terlalu dini
  • Memulai diwaktu yang salah
  • Memaksa si kecil agar selalu BAK dan BAB di toilet
  • Membandingkan kecepatan toilet training si kecil dengan anak yang lain
  • Menghukum anak jika tidak BAK dan BAB di toilet

Jadi Moms, mengajarkan toilet training pada anak itu membutuhkan kesabaran yang ekstra, ya. Biarkan si kecil berproses, rumah  menjadi kotor karena kotoran si kecil adalah hal yang wajar ketika si kecil sedang belajar toilet training. Jadi berikan hati Mommies ketika sedang mengajarkan toilet training agar si kecil paham betul apa kegunaan toilet dan tahu dimana dia harus BAK dan BAB. Selamat mencoba, Moms.