Saat puasa tubuh akan berhenti menerima asupan makanan dari fajar hingga matahari terbenam. Bagi sebagian orang yang terbiasa memakan camilan atau minum kopi agar selalu segar, puasa adalah salah satu pemicu datangnya kantuk, terlebih pada pagi menjelang siang hari pada saat jam kerja. Datangnya kantuk ini tentu tidak bisa diatasi dengan makan camilan atau minum kopi, jadi untuk menyiasati rasa ngantuk selama puasa harus dilakukan dengan cara lain yang tidak membatalkan puasa.

Usir Kantuk Saat Berpuasa dengan 4 Trik Sederhana Ini, Moms

Tips Mengatasi Kantuk Saat Puasa

Mengantuk saat berpuasa sebenarnya adalah hal wajar. Selain karena tidak adanya asupan makanan yang masuk, rasa kantuk juga disebabkan karena siklus tidur yang terganggu. Saat puasa orang akan bangun untuk makan sahur, dan jika waktu tidur malam tidak ditambah maka bangun untuk sahur ini akan membuat waktu tidur berkurang sekitar 40 menit. Hal tersebut akan mengurangi tahap tidur pulas yang menimbulkan rasa kantuk pada keesokan harinya. Nah untuk menghilangkan rasa kantuk saat berpuasa ini, bisa dilakukan beberapa tips berikut.

Tips Mengatasi Kantuk Saat Puasa
baca juga

Power Nap

Power nap adalah tidur siang singkat selama 5-15 menit. Jika moms memiliki sedikit waktu luang untuk beristirahat dan rasa kantuk sudah tak tertahankan, maka tidur sianglah sebentar dengan metode power nap ini. Bukannya membuat lemas, power nap justru dapat membuat tubuh lebih segar dan semakin produktif. Untuk melakukan power nap moms perlu menyangga kepala dengan sesuatu seperti punggung kursi, lengan atau bantal.

Power Nap

Cuci Muka

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan saat mengantuk untuk bisa kembali segar adalah dengan mencuci muka. Ketika mata sudah terasa lengket dan wajah terasa kaku, maka berjalan ke toilet dan mencuci muka adalah hal yang sangat efektif untuk mengembalikan kesegaran. Selain cuci muka, lakukan juga beberapa hal untuk merapikan diri seperti menyisir atau memakai make up. Hal ini akan membuat penampilan juga terlihat lebih segar. 

Cuci Muka
baca juga

Jalan-jalan

Menurut sebuah survey, berjalan kaki selama sepuluh menit dapat meningkatkan energi selama 2 jam ke depan. Selain itu, berjalan-jalan sejenak juga akan memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak dan otot. Jadi tubuh akan kembali segar karena lancarnya aliran darah dan oksigen ke otak. Untuk jalan-jalan ini tidak perlu dilakukan terlalu jauh, moms bisa berjalan di sekitar kantor, mengunjungi beberapa meja teman, atau keluar sebentar untuk menghirup udara luar yang lebih segar. 

Jalan-jalan

Tidur Cukup dan Berkualitas di Malam Hari

Tidur cukup dan berkualitas di malah hari adalah salah satu kunci agar tubuh tetap segar selama menjalani puasa. Usahakan untuk tidur lebih cepat di bulan puasa, caranya yaitu dengan membuat kamar menjadi senyaman mungkin. Pakailah kipas angin atau AC untuk membuat udara dalam kamar lebih sejuk, dan bila perlu pakailah lilin aromaterapi atau essensial oil yang beraroma menenangkan seperti lavender agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. 

Tidur Cukup dan Berkualitas di Malam Hari