Dalam proses selama 13 hari tersebut, nantinya seluruh garam beserta air akan keluar dari tubuh melalui urin dan feses. Ketika tubuh tak lagi memperoleh asupan garam, maka otomatis berat badan akan menyusut. Garam yang dimaksud bisa berarti dalam arti sesungguhnya maupun makanan lain yang memiliki rasa asin.

Diet yang mengandalkan makanan tanpa garam ini bisa efektif menurunkan berat badan Moms hingga 5 kg dalam dua minggu. Namun sebelum itu, mari kita ketahui aturan diet mayo, prinsip, efek, serta menu diet mayo yang murah, berikut ini!

Aturan Diet Mayo

Berikut adalah hal yang harus Moms perhatikan saat melakukan diet mayo.

  • Jumlah kalori yang harus masuk ke tubuh Moms tergantung pada kebutuhan kalori dan tujuan diet Moms. Berkisar antara 1200-1800 kalori per hari, dan tidak kurang dari ini. Jumlah ini tergantung dari berat awal tubuh Moms.
  • Banyak makan sayur dan buah sehingga membuat Moms kenyang dengan kalori minimal. Sayuran dan buah merupakan dasar dari diet mayo ini.
  • Membatasi asupan garam sehingga dapat meningkatkan keluarnya air dalam tubuh agar berat badan Moms berkurang. Moms juga harus menghindari makanan dengan kandungan garam tersembunyi, yang biasanya berada dalam makanan olahan.
  • Membatasi asupan gula dalam makanan olahan.
  • Perbanyak asupan protein sehingga membuat Moms lebih merasa kenyang setelah makan yang bertujuan membuat Moms tidak makan berlebihan.
  • Batasi asupan lemak. Menu diet mayo biasanya berisi makanan yang dikukus atau direbus.
Prinsip Diet Mayo
  1. Benar-benar puasa garam, Moms dianjurkan benar-benar tidak makan garam atau makanan asin sama sekali selama hampir 2 minggu. Hal ini merupakan syarat mutlak, maka Moms benar-benar harus melakukannya. Ketika terjadi pelanggaran sedikit saja, Moms terpaksa harus mengulanginya dari awal lagi.
  2. Perbanyak konsumsi air putih, selama melakukan diet ini, Moms di minta minum banyak air putih. Tak ada asupan garam berarti tidak ada lagi ‘pengikat’ air dalam tubuh. Oleh karenanya, perbanyak konsumsi air putih agar tubuh Moms tetap terhidrasi dan sehat.
  3. Komitmen, diet ini bisa menjadi sangat berat terlebih jika Moms penggemar dari makanan asin dan terbiasa mengonsumsi garam. Oleh karenanya, Moms harus memiliki komitmen tinggi saat memutuskan untuk menjalankan diet mayo.
Efek Diet Mayo

Terdapat efek yang harus diperhatikan jika Moms ingin melakukan diet ini, yaitu terkait:

1. Masalah Pencernaan
Saat melakukan diet mayo dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang berlebihan. Hal itu baik jika Moms mengonsumsi keduanya. Hal ini bisa menimbulkan efek samping terutama bagi pelaku diet yang sebelumnya tergolong jarang mengonsumsi sayur dan buah. Efek yang ditimbulkan biasanya merupakan masalah pencernaan.

2. Gula Darah Naik
Efek samping yang masih berkaitan dengan konsumsi buah sebagai menu diet mayo ini adalah peningkatan gula darah. Kebanyakan pelaku diet mayo mengonsumsi satu buah tertentu secara berlebihan dan mengurangi asupan makanan lainnya. Pola yang seperti ini justru bisa membahayakan pelaku diet, terlebih jika pelaku diet tersebut punya riwayat penyakit diabetes.

3Dehidrasi
Garam merupakan zat yang memiliki peran dalam tubuh untuk osmosis atau menyerap air dalam tubuh. Akibatnya, pelaku diet justru bisa terserang dehidrasi.

4. Mual dan Kelelahan
Selama diet Moms hampir tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan padat dan hanya disarankan mengonsumsi sayur dan buah. Sehingga nutrisi yang didapat oleh tubuh justru tidak terpenuhi dan Moms hanya kelebihan beberapa nutrisi saja. Sehingga bisa membuat Moms merasa lelah dan mual dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Moms.

Menu Diet Mayo Yang Murah
Diet mayo juga harus mengedepankan diet gizi seimbang. Untuk lebih memudahkan Moms untuk menerapkan diet mayo, berikut ini merupakan contoh menu-menu untuk menjalankan diet mayo.
Menu diet mayo hari ke-1
  • Sarapan: Teh atau kopi dengan gula, jangan ditambahkan susu
  • Makan siang: ayam kukus tanpa kulit, sayuran rebus (seperti wortel, brokoli, jagung), dan kentang tumbuk (mashed potato)
  • Makan malam: daging tanpa lemak, sayur bayam, dan buah
Menu diet mayo hari ke-2
  • Sarapan: Jus buah dengan gula, jangan ditambah susu
  • Makan siang: pepes ikan, tahu-tempe bacem, urap
  • Makan malam: salad sayur ditambah makaroni, tambahkan minyak zaitun agar lebih sehat.
Menu diet mayo hari ke-3
  • Sarapan: Roti dengan telur, boleh ditambahkan sedikit mentega
  • Makan siang: daging panggang dan sayuran, jagung
  • Makan malam: salad buah ditambah sedikit yogurt
Menu diet mayo hari ke-4
  • Sarapan: Roti bakar dengan selai
  • Makan siang: bola-bola daging, kentang, dan sayuran
  • Makan malam: telur rebus ditambah keju, dan wortel, serta buah
Menu diet mayo hari ke-5
  • Sarapan: Jus buah dengan gula, jangan ditambah susu
  • Makan siang: dada ayam rebus ditambah sayuran, dan buah
  • Makan malam: roti dan telur, ditambah sayuran
Moms bisa mengulang menu tersebut kembali atau mengganti menu sesuai keinginan Moms. Namun Moms harus mengkedepankan makan sayur dan buah setiap hari. Selanjutnya bisa sesuaikan dengan panduan diet mayo di atas.
 
Apa Saja Aturan Diet Mayo? Ketahui Juga Efek Samping dan Menunya