Rasulullah saw bersabda, “senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah.” (HR Tirmizi dan Abu Dzar). Dalam hadis tersebut di gambarkan bahwa bagaimana sedekah seorang muslim bisa dengan cara apa saja bukan hanya uang. Sedekah adalah bagaimana cara berbagi dengan orang lain. Bahkan kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, hal ini dijabarkan dalam hadits yang artinya :

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalamShahihul Jami’, 1744)

Maka dari itu sedekah di bulan ramadhan juga saangat dianjurkan karena membawa banyak manfaat ya Moms.

Dahsyat! Ini Manfaat Sedekah di Bulan Ramadhan Menurut Hadist

Manfaat Sedekah di Bulan Ramadhan

Ada beberapa manfaat sedekah di bulan ramadhan yang dapat Moms peroleh, salah satunya pahala berlipat ganda bagi yang melakukannya sebagaiman firman Allah Ta’ala yang artinya :

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Manfaat lain bersedekah adalah untuk membersihkan harta yang dimiliki, Rasulullah bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Karena sesungguhnya dalam setiap harta yang dimiliki ada hak orang lain, maka dengan sedekah harta akan menjadi lebih berkah. Selain itu dengan sedekah Moms juga akan memperoleh pengampunan dosa, Rasulullahpun bersabda :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Tentu saja diampuninya dosa dengan sedekah di sini tetap harus disertai taubat atas dosa yang dilakukan ya Moms. Selain itu, dengan bersedekah akan membantu diri bebas dari siksa kubur dan api neraka. Sebab segala  dosa akan terkikis dan diripun akan bersih dari kesalahan di masa lalu. 

Dahsyat! Ini Manfaat Sedekah di Bulan Ramadhan Menurut Hadist

Sedekah yang menghindarikan diri dari siksa api neraka sebagaimana sabda Rasulullah:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani.

Seberapa pun sedekah yang diberikan asal penuh keikhlasan maka mampu memadamkan siksa neraka dan bagi siapa saja yang melakukannya akan dijanjikan terbukanya pintu surga serta perlindungan di hari akhir sesuai sabda Rasulullah:

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

Nah itu tadi beberapa manfaat dari sedekah. Dengan sedekah maka semakin banyak pula berkah yang Allah berikan terutama di bualn Ramadhan ini, maka jangan pernah ragu untuk sedekah ya Moms.