Bantu Si Kecil Belajar Puasa, Ini Tipsnya Biar Anak Tetap Semangat dan Kuat

Pertama, berikan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein
 
Mengajarkan anak puasa sejak dini sangat penting agar ketika sudah berkewajiban puasa, mereka lebih terbiasa. Namun anak-anak butuh asupan gizi yang cukup besar untuk masa pertumbuhannya. Nah moms, karbohidrat kompleks dapat membantu anak tidak cepat merasa lapar karena karbohidrat tersebut melepaskan energi secara perlahan. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, jagung, ubi dan kentang.  Moms dapat memberikan makanan ini saat sahur.
 
Anak juga memerlukan protein untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sumber protein yang baik bagi anak banyak terdapat pada telur, susu, keju, ikan, tempe, tahu, dan lain-lain. Sebagai sumber vitamin dan mineral jangan lupa untuk menambahkan sayur dan buah-buahan dalam menu berbuka dan sahur untuk anak ya Moms.

Bantu Si Kecil Belajar Puasa, Ini Tipsnya Biar Anak Tetap Semangat dan Kuat

Kedua, pastikan anak minum cukup air
 
Mengajarkan anak puasa butuh persiapan khusus ya Moms. Salah satunya adalah memastikan si buah hati minum cukup air sangat diperlukan saat sahur dan berbuka puasa. Minum air yang cukup akan menjaga tubuh anak tetap terhidrasi dengan baik sehingga tidak mengalami dehidrasi saat menjalankan ibadah puasa yang panjang. Jika anak mengalami kondisi lelah, lesu, mudah tersinggung, mulut kering, haus berlebihan, dan mata terlihat lelah sebaiknya Moms segera memberi anak minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi yang lebih serius.
 
Ketiga, makan yang manis saat berbuka dan hindari saat sahur
 
Makanan yang manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara alami. Hal ini dapat menyebabkan lapar dan mudah lelah karena kadar gula darah dapat turun dengan cepat. Sebaliknya makanan manis yang dikonsumsi saat berbuka puasa dapat membantu mengisi kembali cadangan energi tubuh setelah lama puasa.

baca juga
Bantu Si Kecil Belajar Puasa, Ini Tipsnya Biar Anak Tetap Semangat dan Kuat

Keempat, perhatikan waktu tidur anak
 
Tahukah Moms, anak memerlukan waktu tidur selama 9-11 jam dalam sehari. Anak memerlukan istirahat yang cukup terutama ketika menjalani puasa agar kondisi fisik tetap bugar saat puasa. Pada saat tidur terjadi rangsangan pertumbuhan pada anak karena hormon pertumbuhan dilepaskan. Usahakan anak untuk tidur di siang hari supaya tidak kelelahan bermain sehingga anak menjadi tidak kuat menjalani ibadah puasa secara penuh.
 
Itulah beberapa tips agar anak tetap bugar saat puasa. Sebaiknya sebelum Moms ajak anak belajar puasa,  Moms perlu memperhatikan tumbuh kembang anak. Apakah berat badan anak sudah sesuai umurnya? Jika anak berpuasa usahakan, agar tidak sampai mengurangi asupan yang perlu diterima. Anak bisa diajarkan puasa secara bertahap, mulai dari puasa setengah hari hingga puasa sehari penuh agar anak tidak terkejut menerima perubahan.