Kesalahan Mengobati Luka Bakar pada Anak

Siapa yang tidak panik jika anak tiba-tiba mengalami luka bakar? Anak-anak yang masih sangat aktif mengeksplor hak baru di sekitarnya sering kali lepas dari pengawasan orang tua dan menyentuh atau tidak sengaja terkena benda panas yang menyebabkan terjadinya luka bakar. Meski panik dan khawatir luka bakar akan meninggalkan bekas di kulit, moms sebaiknya tidak melakukan hal-hal salah ini dalam upaya menangani luka bakar anak.

Penanganan luka bakar yang salah berisiko infeksi dan meninggalkan bekas yang dalam. Beberapa penanganan luka bakar yang salah tapi masih sering dilakukan dianatranya yaitu:

Kesalahan Mengobati Luka Bakar pada Anak

Kompres dengan Es

Saat anak terkena luka bakar, moms mungkin akan buru-buru mencari es untuk mengompres kulit guna menghilangkan rasa panas akibat luka bakar. Jangan dilakukan lagi moms, mendinginkan kulit yang terkena luka bakar dengan es malah akan membuat luka semakin parah karena dingin yang ekstrim bisa mengerutkan pembuluh darah dan memperlambat proses penyembuhan. 

Kompres dengan Es
baca juga

Mengoleskan Pasta Gigi

Pasta gigi sepertinya sudah menjadi 'andalan' bagi setiap orang untuk menangani luka bakar. Hal tersebut mungkin karena kebanyakan pasta gigi mengandung mint yang menyegarkan, sehingga diharapkan kandungan tersebut bisa mendinginkan kulit yang terbakar. Hal tersebut sepenuhnya salah, karena segera mengoleskan benda yang tidak steril pada luka bakar seperti pasta gigi justru dapat memicu terjadinya infeksi.

Mengoleskan Pasta Gigi

Menarik Benda yang Menempel pada Luka Bakar

Luka bakar yang dialami anak mungkin disebabkan oleh benda terbakar dan tidak sengaja menempel pada kulit. Jika demikian, moms sebaiknya tidak buru-buru menarik benda yang menempel pada luka bakar tersebut. Saat mengalami luka bakar, jaringan terluar kulit akan melepuh. Menarik benda yang menempel pada luka akan membuat kulit terluar ikut tertarik. Jadi sebaiknya jika hal ini terjadi moms segera membawa anak ke tenaga medis untuk penanganan yang tepat. 

Menarik Benda yang Menempel pada Luka Bakar
baca juga

Cara yang Benar Menangani Luka Bakar pada Anak

Beberapa pertolongan pertama yang diyakini masyarakat dalam mengobati luka bakar pada anak ternyata keliru dan malah dapat menyebabkan masalah-masalah lain seperti infeksi atau bekas luka. Oleh sebab itu moms harus tahu, ini cara yang benar dalam memberikan pertolongan pertama untuk menangani luka bakar anak.

Cara yang Benar Menangani Luka Bakar pada Anak

Siram dengan Air Mengalir

Saat anak mengalami luka bakar segera aliri bagian yang terluka dengan air mengalir selama 20 menit, atau jika luka bakar disebabkan oleh bahan kimia pengaliran harus dilakukan lebih dari 20 menit. Memberikan aliran air pada luka bakar berguna untuk mendinginkan luka dan meredakan rasa perih yang timbul. Jika terdapat luka melepuh yang pecah dengan sendirinya, tetap aliri luka dengan air dan jangan menggosoknya.  

Siram dengan Air Mengalir

Balut dengan Perban untuk Luka Bakar Kecil

Jika luka bakar yang terjadi adalah luka bakar kecil, maka setelah moms mencuci luka dengan air mengalir segera keringkan daerah sekitar luka lalu balut luka dengan perban. Hindari membiarkan luka terbuka dengan maksud untuk mengangin-anginkan agar luka cepat kering. Membiarkan luka terbuka justru bisa membuatnya terpapar bakteri yang pada akhirnya akan menyebabkan infeksi. 

Balut dengan Perban untuk Luka Bakar Kecil