Praktis dan Berpahala, Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Sesuai Sunah Nabi

Berkumur dengan Madu dan Air Hangat

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa sesuai sunnah nabi ada beberapa cara. Cara pertama dengan berkumur dengan madu dan air hangat. Kenapa madu? Karena madu dikenal akan kandungan zat anti bakteri dan anti jamur yang bermanfaat sebagai obat kumur alami. Berkumur dengan madu saat sesudah sahur dapat menghilangkan bau mulut dan membuat napas lebih segar.

Untuk membuatnya, Moms cukup menambahkan madu dan kayu manis bubuk dalam air panas, kemudian aduk hingga rata. Nah, lanjut berkumurlah, larutan ini akan membersihkan gigi dan membunuh kuman dalam mulut yang menyebabkan napas terasa kurang segar. Lakukan secara teratur setiap selesai sahur untuk mendapatkan napas yang terasa lebih segar.

Praktis dan Berpahala, Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Sesuai Sunah Nabi

Berkumur dengan Air Wudhu

Sunah lain yang dilakukan Rasulullah untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berkumur dengan air wudhu. Saat Moms rutin berkumur ketika berwudu maka ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Karena ini sunah, melakukannya juga membawa kebaikan ya Moms asal enggak bolik-balik kumur dengan alasan sunah. Setiap akan sholat pasti berwudhu, maka selama 5 waktu dalam sehari dengan berkumur itu cukup.
 

Bersihkan Gigi dengan Siwak

Di zaman nabi belum ada pasta gigi namun sudah dikenal cara membersihkan gigi yakni dengan siwak. Bersihkan gigi dengan siwak akan sekaligus menghilangkan bau mulut saat puasa. Siwak adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica yang sering digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut pada zaman nabi. Walau merupakan bahan alami siwak juga mengandung flouride, sulfur, vitamin C, silika dan essential oil yang bermanfaat bagi gigi. Bahkan menurut WHO orang yang rajin bersiwak lebih jarang membutuhkan perawatan gigi ekstra.

Para ulama Hanafi dan Maliki juga berpendapat bahwa tidak apa bersiwak di siang hari, asalkan tidak ada sesuatu seperti air, darah atau sejenisnya yang tertelan kedalam perut, maka puasanya sah.

baca juga
Praktis dan Berpahala, Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Sesuai Sunah Nabi

Baca Alquran dan Shalawat Nabi

Memperbanyak bacaan Alquran dan shalawat memang saat dianjurkan di bulan ramadhan seperti ini. Dan ternyata di balik anjuran itu ada fakta menariknya, bahwa dengan rutin baca Alquran saat berpuasa ternyata dapat meningkatkan produksi air liur dan mencegah bau mulut. Sama halnya dengan baca Alquran, baca shalawat nabi juga akan meningkatkan gerak otot mulut dan lidah sehingga mampu meningkatkan produksi air liur serta mencegah bau mulut.

Nah, itu tadi beberapa sunah untuk mencegah bau mulut di bulan puasa selain membantu menyehatkan mulut tentu dapat menambah amalan di bulan Ramadan ini ya Moms.