Tips Memilih Ubi yang Baik

1. Pilih yang Kulitnya Mulus dan Teksturnya Keras

Hal pertama yang bisa Mommy lakukan adalah memilih ubi dengan kulit yang keras, segar dan mulus. Ubi dengan kulit seperti ini menunjukkan bahwa ubi tersebut masih segar dan baru dicabut dari tanah. Dengan kata lain, Mommy akan memperoleh ubi daging ubi yang kualitasnya bagus. Di sisi lain, yang sudah lama akan menampakkan kulit yang lebih kusam dan rusak. Hindari ubi dengan bintik di kulit juga, Moms! 

Jangan Keliru, Simak Tips Memilih Ubi yang Manis dan Perhatikan Cara Menyimpannya
source: https://images.ricardocuisine.com/

2. Perhatikan Bobot dan Ukuran

Selain itu, ubi dengan bobot dan ukuran besar menandakan ubi masih segar. Pasalnya, ubi masih baru dicabut dari tanah memiliki bobot cukup berat. Hal ini disebabkan oleh kandungan air yang masih banyak dalam daging ubi. Berbeda dengan ubi yang udah lama dipanen biasanya akan lebih ringan karena telah mengering dengan kandungan air yang menyusut. 

Jangan Keliru, Simak Tips Memilih Ubi yang Manis dan Perhatikan Cara Menyimpannya
source: https://www.thespruceeats.com/
baca juga

3. Hindari Ubi yang Sudah Bertunas atau Ditumbuhi Serabut

Selanjutnya, hindarilah memilih ubi yang sudah menampakkan tunas. Ubi yang sudah memiliki tunas menandakan bahwa ubi tersebut sudah terlalu lama. Biasanya ubi seperti ini akan memiliki tekstur daging yang tidak enak dan keras. Bahkan, para ahli bahkan mengatakan bahwa umbi-umbian, termasuk ubi, yang sudah menampakkan tunas berpotensi beracun.

Jangan Keliru, Simak Tips Memilih Ubi yang Manis dan Perhatikan Cara Menyimpannya
source: https://www.gimmesomeoven.com/

4. Pilih yang Warnanya Gelap

Ubi dengan warna gelap menandakan kematangan dagingnya. Untuk itu, ubi dengan warna kulit yang lebih gelap. Jangan pilih ubi yang warnanya terlalu muda atau yang terlalu tua. Kematangan yang pas akan membuat rasa ubi lebih enak dan lembut dimakan.

Jangan Keliru, Simak Tips Memilih Ubi yang Manis dan Perhatikan Cara Menyimpannya
source: https://www.goodhousekeeping.com/
baca juga

6. Hindari Ubi yang Masih Bergetah

Terakhir, pilihlah ubi yang sudah bersih dari getah. Getah pada ubi menandakan ubi tersebut masih terlalu muda. Biasanya ubi yang terlalu muda ditandai dengan adanya getah dan bintik-bintik pada daging ubi. Hal ini penting sebab ubi yang masih terlalu muda memilii rasa yang sangat hambar.

Jangan Keliru, Simak Tips Memilih Ubi yang Manis dan Perhatikan Cara Menyimpannya
source: https://cocotreasure.com/

Cara Menyimpan Ubi

  1. Agar tekstur ubi tidak rusak, simpanlah ubi di tempat yang sejuk, kering. Hindari menyimpan ubi berdekatan dengan bahan makanan lain yang berbau menyengat. 
  2. Jangan menyimpan ubi dengan cara ditumpuk dengan ubi lainnya. Pasalnya, menumpuk ubi dapat membuatnya bertunas.
  3. Apabila ingin menyimpan ubi dalam lemari es, disarankan untuk mengukus ubi terlebih dahulu. Sebab, jika disimpan di lemari es, tekstur ubi akan menjadi lebih keras saat diolah. Selain itu, suhu dingin juga dapat mengurangi rasa manis pada daging ubi. lemari es yang terlalu dingin juga akan membuat rasa manis pada ubi berkurang.
  4. Suhu yang disarankan untuk menyimpan ubi adalah sekitar 12,7 sampai 18,3 derajat celcius. Jika ubi disimpan dalam ruangan dengan suhu tersebut, ubi akan menjadi lebih tahan lama dan rasanya semakin manis. 
  5. Hindari menyimpan ubi lebih dari 3 minggu. Dalam waktu tersebut ubi sudah dapat bertunas sehingga rasa ubi berubah dan teksturnya mengeras.