Buah Delima Untuk Ibu Hamil

Memang tak semua orang menjadikan buah delima sebagai buah favorit atau buah pilihan untuk mendapatkan kebutuhan vitamin alami harian lewat asupan buah. Namun, tak banyak juga yang tahu kalau buah delima memiliki manfaat tersembunyi yang bermanfaat bagi ibu dan janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil, Moms. Oleh karenanya delima juga kerap dijadikan bahan utama untuk minuman jus kesehatan dalam kemasan siap minum.

Buah Delima untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Aturan Konsumsinya?

Kandungan Buah Delima
​​​​​​

Buah yang masih termasuk kelompok berry dan memerlukan waktu matang selama 6 hingga 7 bulan ini mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, protein, serat, karbohidrat dan folat. Buah dengan rasa manis yang kaya akan antioksidan ini juga berkhasiat untuk kecantikan kulit dan kesehatan seperti dapat mencegah penyakit jantung koroner, mencegah kanker, mampu mengurangi kolesterol jahat, mengurangi risiko penyakit radang sendi, menyehatkan pencernaan hingga menghambat penyakit Alzheimer dan dapat melindungi ingatan Moms. Lalu, apa manfaat buah delima bagi ibu hamil?

Buah Delima untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Aturan Konsumsinya?
baca juga

Manfaat Buah Delima Untuk Ibu Hamil
​​​​​​

Manfaat yang terkandung dalam buah delima jika dikonsumsi saat masa kehamilan diantaranya:

  • Mengurangi risiko kelahiran bayi cacat karena adanya asam folat yang dapat mendukung perkembangan janin dengan baik.
  • Melindungi dan mencegah kerusakan otak janin yang sedang dikandung.
  • Melancarkan aliran darah di dalam tubuh dan cocok dikonsumsi oleh penderita anemia saat masa kehamilan.
  • Memiliki kalori yang rendah sehingga mengonsumsi buah delima saat hamil dapat menghindari kelebihan berat pada janin.
  • Melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit saat hamil karena buah delima termasuk buah yang tinggi serat.
  • Mengurangi hipertensi dan preeklamsia pada ibu hamil karena buah delima memiliki kandungan polifenol yang disebut punicalagin.
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.
  • Mencegah keropos tulang dan meningkatkan kepadatan tulang ibu hamil dengan adanya vitamin K di dalam buah delima yang berperan juga dalam pembentukan tulang bayi.
  • Mencegah komplikasi kehamilan.
  • Sebagai sumber vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan meminimalisir timbulnya jerawat saat hamil.
Buah Delima untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Aturan Konsumsinya?

Risiko Makan Buah Delima Berlebihan Pada Ibu Hamil

Mengonsumsi buah delima saat hamil memang bermanfaat Moms, tapi tetap ada risikonya jika memakan buah delima dalam jumlah berlebihan atau diluar Batasan. Perhatikan juga kebutuhan kalori harian saat hamil. Di samping itu, untuk menghindari masalah kesehatan tertentu seperti komplikasi pada masa kehamilan, Moms perlu berkonsultasi terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi buah delima secara rutin.

Buah Delima untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Aturan Konsumsinya?
baca juga

Aturan Konsumsi Buah Delima Untuk Ibu Hamil
​​​​​​

Merah delima, sebutan warna tersebut tentu diambil dari warna bagian luar dan dalam buah delima yang memang berwarna merah. Tidak seperti kebanyakan buah yang memiliki daging buah, pada buah belima biji berwarna merah berjumlah banyak yang dapat kita temui di dalamnya itu justru yang bisa dimakan, Moms. Tenang saja Moms, biji buah delima tidak akan sampai membahayakan organ pencernaan, melainkan biji-biji tersebut akan hancur dan menjadi lembut saat melalui proses di dalam lambung maupun usus kita.

Ibu hamil memerlukan kalori ekstra setiap harinya, sehingga tak heran jika beberapa ibu hamil cepat merasakan lapar terutama pada trimester kedua dan ketiga pada masa kehamilan. Jika Moms mencari camilan yang sehat saat hamil, sebaiknya pilihlah buah-buahan sebagai camilan termasuk buah delima yang kaya manfaat. Cukup makan satu kali sehari saja dan jangan berlebihan. Buah delima bisa dimakan langsung ataupun dijadikan jus, hal tersebut lebih dianjurkan saat hamil daripada mengonsumsi buah delima dalam bentuk suplemen.

Buah Delima untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Aturan Konsumsinya?