1. Gerakan Janin

Biasanya di usia kehamilan 5 bulan, kamu sudah bisa merasakan gerakan janin di dalam rahim. Nah, di usia 6 bulan biasanya si calon bayi bergerak-gerak ketika mendengar suara. Apabila kamu merasakan bayi tersentak, maka kemungkinan ia mengalami cegukan. Lalu di usia 7 bulan, respon gerakannya semakin meluas.

Jadi enggak hanya bergerak karena suara saja, melainkan juga karena cahaya dan rasa sakit. Di usia 8 bulan, kamu akan merasakan bayi lebih sering bergerak karena sedang berubah posisi. Selain itu, bayi jadi sering menendang. Memasuki usia 9 bulan atau detik-detik melahirkan, gerakan bayi jadi lebih sedikit karena ruang geraknya semakin sempit. 

Untuk mengetahui bayimu sehat atau tidak, maka cobalah perhatikan gerakannya setiap bulan. Kalau menunjukkan respon gerakan-gerakan di atas, maka itu tandanya ia sehat dan normal. 
 

source: http://www.newhealthadvisor.com



 

<baca juga>

2. Ukuran dan Berat Bayi Normal

Kalau kamu rutin melakukan kontrol kandungan, maka dokter akan melakukan tes rutin untuk mengukur perkembangan janin. Dengan bantuan USG, dokter akan mengevaluasi tumbuh-kembang janin setiap bulan.

Bayi sehat apabila di usia 5 bulan panjang tubuhnya mencapai 25 cm. Panjang tubuh bayi akan bertambah sekitar 5 cm setiap bulannya. Di usia 7 bulan, panjangnya telah mencapai 35 cm.

Sementara untuk berat badan, bayi dikatakan sehat apabila mengalami kenaikan berat sekitar 0,2 kg pada trimester ketiga. Jadi, di usia 9 bulan berat badannya telah mencapai 3,5 kg. 
 

source: https://id.pinterest.com



 

3. Detak Jantung Sehat

Ciri-ciri bayi sehat juga bisa dilihat dari detak jantungnya atau Heart rate (HR). Detak jantung janin dapat dideteksi kurang lebih pada usia kehamilan 6 minggu dan lebih jelas digambarkan pada usia kehamilan 7 minggu.

Normalnya, denyut jantung janin usia 6 minggu adalah 90 hingga 110 denyut per menit (dpm). Denyut jantung janin di kandungan disebut normal apabila HR berkisar antara 120 hingga 160 dpm. Detak jantung janin jauh lebih cepat dibanding HR orang dewasa ataupun anak-anak lho, Moms. 
 

source: https://id.pinterest.com




 

<baca juga>

4. Perubahan Posisi

Saat kandungan menginjak usia 9 bulan, maka bayi di dalam rahim akan berubah posisi. Tubuh janin akan masuk ke dalam panggul, dengan posisi kepala menuju jalan lahir. Namun, apabila posisi bayi tidak berubah ke posisi siap dilahirkan, maka dokter akan membantu melakukan tindakan, salah satunya lewat operasi sesar untuk melahirkan bayi. 
 

source: https://id.pinterest.com