1. Harus Dilakukan Ahli atau Tenaga Kesehatan

Meskipun menindik telinga bayi sudah menjadi hal biasa dalam masyarakat kita, namun jangan pernah membiarkan bayi ditindik oleh orang tidak berpengalaman ataupun dilakukan sendiri di rumah ya, Moms.

Sebaiknya bawa bayi untuk ditindik oleh ahli atau tenaga kesehatan seperti dokter. Jika tindik telinga dilakukan oleh dokter, maka ia akan melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah infeksi dan menganjurkanmu untuk melakukan perawatan pasca tindik telinga pada bayi. 
 

source: https://id.pinterest.com


 

2. Waktu Tepat Menindik Telinga Bayi

Biasanya dokter akan menyarakan waktu yang tepat untuk menindik telinga bayi. Ingat, jangan melakukan tindik telinga ketika bayi sedang sakit ya, Moms. Selain itu, sebaiknya tindik telinga dilakukan setelah bayi mendapatkan vaksin tetanus agar terhindari dari infeksi. Biasanya vaksin ini didapatkan bayi beberapa bulan setelah lahir. 
 

source: https://id.pinterest.com



 

baca juga

3. Perawatan Pasca Tindik

Merawat telinga bayi pasca ditindik adalah hal yang wajib banget kamu lakukan, karena pada tahap ini kemungkinan telinga bayi memerah dan terasa nyeri. Selain itu, jika tidak kamu rawat dengan baik, maka bisa saja terjadi infeksi. Nah beberapa perawatan yang wajib kamu lakukan adalah: 

1. Setelah menindik, tidak diperbolehkan melepaskan anting selama 6 minggu. 

2. Setiap mandi keringkan area sekitar tindikan agar tidak lembap.

3. Perhatikan jika ada tanda-tanda infeksi. Jika bayi menangis karena rasa sakit, atau bagian telinga meradang dan berdarah, kemungkinan besar terjadi infeksi. Segera bawa bayi ke dokter kalau mengalami hal ini ya, Moms!

4. Jika setelah menindik tellinga bayi menjadi demam, daun telinga memerah dan bengkak, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan perawatan.
 

source: https://id.pinterest.com