Penderita hipertensi atau masyarakat biasa menyebutnya dengan darah tinggi tentu harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya. Selain untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil, menjaga asupan makanan juga akan membuat penderita hipertensi merasa lebih nyaman dan sehat dengan fisiknya.

Ketika berpuasa, godaan untuk tidak memakan apapun yang ada di depan mata memang sangat sulit, apalagi setelah seharian menahan lapar dan haus. Tapi, menjaga asupan makanan selama bulan puasa tetap harus dilakukan, apalagi bagi penderita hipertensi yang ketika berbuka harus menghindari beberapa jenis makanan ini. 

5 Makanan Pantangan untuk Penderita Hipertensi, Intip Tips Menu Buka Puasanya Yuk!

Roti

Mengonsumsi roti sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa mungkin terasa sangat nikmat, tapi bagi penderita hipertensi roti adalah salah satu makanan yang harus dihindari saat berbuka. Roti yang memiliki rasa manis ini ternyata memiliki kadar garam tinggi yang menjadi musuh bagi penderita hipertensi.

Roti
baca juga

Keju

Dalam sajian untuk buka puasa, keju biasanya digunakan sebagai topping dalam berbagai minuman atau makanan ringan. Penambahan keju dalam makanan atau minuman memang memberikan rasa gurih dan creamy, meskipun begitu penderita hipertensi sebaiknya menghindari keju ketika berbuka puasa. Keju yang ditambahkan pada makanan atau minuman akan menambah kadar garam dalam olahan tersebut, hal itu bisa berpengaruh terhadap tekanan darah penderita hipertensi.

Keju

Saus

Menjadi bahan pelengkap yang terasa enak ditambahkan dalam berbagai makanan dan camilan, saus juga masuk dalam daftar makanan yang harus dihindari penderita hipertensi. Selain mengandung garam yang cukup tinggi, penderita hipertensi juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan berpengawet seperti saus ini. Baik saus tomat ataupun sambal, keduanya memiliki kandungan garam yang tinggi.

Saus
baca juga

Kue Manis

Meskipun memiliki rasa yang manis, di dalam kue juga terdapat kandungan garam dan margarin yang kurang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Kue juga biasanya dibuat menggunakan berbagai produk olahan susu seperti mentega dan keju, jadi bagi penderita hipertensi konsumsi kue saat berbuka sangat tidak dianjurkan karena di dalam kue terkandung semua makanan pantangan penderita hipertensi. 

Kue Manis

Margarin

Karena rasanya yang gurih, margarin sering kali ditambahkan pada makanan sebagai pengganti garam. Tampak aman bagi penderita hipertensi yang menerapkan diet rendah garam, tapi margarin pun memiliki kandungan garam dan lemak jenuh yang sebaiknya juga dihindari penderita hipertensi ketika berbuka puasa karena dapat mempengaruhi kesehatannya.

Margarin

Makanan Sehat untuk Berbuka

Daripada bingung memikirkan daftar makanan yang perlu dihindari, penderita hipertensi sebaiknya memilih beberapa makanan sehat ini untuk dijadikan menu berbuka. Tapi perlu diingat untuk mengolahnya hanya dengan menggunakan sedikit garam. Beberapa olahan sehat yang bisa dipilih yaitu kurma, olahan pisang seperti kolak atau smoothies, sayur bayam, ikan tuna, oatmeal, dan roti gandum.

Makanan Sehat untuk Berbuka