Eksfoliasi wajah merupakan teknik perawatan kecantikan yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, serta memabantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Ekfoliasi membantu kulit wajah tampak lebih sehat, awet muda karena mampu menyamarkan kerutan halus pada wajah. Eksfoliasi yang umumnya diketahui ada 2 cara moms, yakni scrubbing dan peeling. Scrubbing dan peeling pun menjadi perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Meski memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati, keduanya memiliki cara yang berbeda. Simak yuk moms, di antara scrubbing dan peeling, mana yang lebih baik?

Scrubbing adalah

Scrubbing adalah salah satu teknik eksfoliasi dengan menggunakan produk berbahan krim atau gel sabun dengan butiran-butiran halus seperti pasir di dalamnya. Scrubbing dapat membantu wajah tampak rileks karena membantu memperlancar aliran darah. Tidak hanya wajah yang bisa di-scrub, moms, leher dan badan juga bisa di-scrub agar kulit terasa lebih halus dan lembut. Cara yang dilakukan pun mudah, moms cukup memijat lembut area wajah dengan scrub.

Saat ini banyak produk scrubbing untuk wajah yang dijual di toko kosmetik atau supermarket. Namun, moms bisa membuatnya sendiri dari bahan alami seperti campuran gula pasir dan madu. Gula pasir akan berfungsi sebagai butiran scrub, dan madu pun bermanfaat untuk menutrisi kulit sekaligus melembabkan.  

Scrubbing adalah
baca juga

Peeling adalah

Berbeda dengan scrubbing, peeling merupakan teknik ekfoliasi atau pelunturan sel kulit mati tanpa dengan menggunakan produk berbahan krim, cairan, atau gel tanpa mengandung butiran halus di dalamnya. Zat aktif peeling yang digosokkan pada wajah mampu mengangkat sel kulit mati hingga bagian dalam.

Peeling adalah

Mana yang lebih baik

Sebenarnya teknik pengelupasan sel kulit mati dilakukan sesuai dengan jenis kulit. Teknik peeling lebih cocok diterapkan pada kulit sensitif. Namun, peeling pun memiliki efek samping yakni setelah pemakaiannya, kulit wajah akan berubah menjadi kemerahan, bahkan kulit bisa terkena infeksi.

Sementara itu, scrub lebih cocok digunakan pada kulit yang tidak terdapat jerawat aktif, berminyak namun cenderung tidak sensitif. Scrubing pun juga bisa menyebabkan iritasi serta kulit menjadi kering.

Jadi, sudah tahu kan moms tentang kelebihan dan kekurangan dari scrubbing dan peeling? Kedua teknik ini berfungsi apabila diaplikasikan pada kulit yang cocok dengan kedua teknik tersebut. Perlu di ingat ya, moms, jangan terlalu sering scrubbing atau peeling wajah. Lakukanlah minimal 1 dalam seminggu atau 2 minggu.  

Mana yang lebih baik