Kutil di wajah

Wajah merupakan bagian yang sangat terlihat. Maka tak salah jika moms mulai panik saat kutil tumbuh di area wajah. Pasti akan mempengaruhi penampilan kan, moms. Sebelum mengetahui lebih jauh, yuk cari tahu apa itu kutil!

Kutil di wajah

Kutil adalah Benjolan kecil, berdaging pada kulit atau selaput lendir yang disebabkan oleh virus papiloma manusia. Kutil dapat berkembang melalui kontak langsung. Seperti menyentuh kulit yang terkena kutil kemudian menyentuh bagian lain,  maka kemungkinan kutil akan tumbuh di tempat tersebut. 

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah Secara Alami

Keberadaan kutil yang mengganggu seringkali membuat moms kurang percaya diri. Nah ternyata kutil yang tumbuh di wajah bisa dihilangkan dengan cara mudah moms. Selain itu, moms bisa menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki efek samping rendah dibandingkan dengan bahan kimia. Nah moms, yuk simak apa saja yang bisa menghilangkan kutil secara alami. 

Cara Menghilangkan Kutil di Wajah Secara Alami
baca juga

Nanas

Nanas selain dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin ternyata mampu membasmi kutil yang membandel moms. Kandungan zat asam dan enzim pelarut yang ada pada sari nanas dapat membantu menghancurkan jaringan kutil di wajah kamu moms. Apabila moms rajin mengoleskan sari nanas pada kutil di wajah, maka kutil akan cepat mengecil dan menghilang. Hanya saja, belum ada bukti klinis yang mendukung efektivitas sari nanas sebagai obat alami penghilang kutil.

Nanas

Cuka Apel

Cuka apel yang kaya akan manfaat kesehatan juga mampu membasmi kutil lho moms. Kandungan asam asetat yang terdapat pada cuka sari apel bersifat antivirus yang mampu membasmi virus penyebab kutil. Tidak hanya itu, asam asetat ini juga bisa membantu menghilangkan jaringan kulit berlebih di wajah. 

Cuka Apel

Adapun cara penggunaannya juga mudah, campurkan dua sendok makan cuka apel ke dalam setengah gelas air. Lalu, celupkan kapas dan tempelkan pada kulit. Tutup dengan perban dan diamkan selama semalaman. Maka moms akan menemukan hasilnya. 

baca juga

Sari Lemon

Sari lemon kaya akan vitamin C yang baik bagi tubuh. Air sari lemon dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan kutil di wajah. Air perasan lemon diketahui mengandung asam sitrat yang mampu membunuh virus pada kutil. 

Sari Lemon

Adapun cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan air perasan lemon pada kutil minimal tiga kali sehari sampai kutil benar-benar hilang dari wajah kamu moms. 

Bawang Putih

Satu lagi, bumbu dapur ini selain bisa digunakan sebagai obat anti kanker ini juga mampu menjadi pembasmi kutil lho moms. Kandungan zat allicin pada bawang putih bersifat antivirus yang mampu melawan virus HPV penyebab kutil di wajah. 

Bawang Putih

Adapun cara menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya, hancurkan bawang putih dan tempelkan pada kutil. Gunakan perekat dan diamkan selama 15 menit. Perlu diingat, bawang putih bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi, maka segera basuh wajah menggunakan air jika moms merasa perih, gatal, dan kesemutan.