Bahaya Stres Saat Hamil

Tahukah, Moms? Jika Moms mengalami stres saat hamil maka tidak hanya berakibat pada Mommies, tapi juga pada janin dalam perut. Apa saja bahaya stres saat hamil yang akan berdampak pada janin?

  • Berpengaruh terhadap otak janin, stres bisa menimbulkan kelainan proses pembentukan otak janin yang dapat memicu masalah perilaku pada kelanjutan pertumbuhan bayi.
  • Berdampak pada tumbuh kembang bayi, ibu hamil yang stres akan melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau prematur. Hal ini disebabkan karena menurunnya aliran darah ke rahim yang bisa secara signifikan memengaruhi tumbuh kembang janin.
  • Berkurangnya pasokan oksigen untuk janin, ibu hamil yang mengalami stres akan memproduksi hormon stres, dan hal tersebut bisa mengakibatkan mengencangnya pembuluh darah dan mengurangi suplai oksigen ke rahim.
Bahaya Stres Saat Hamil
source: https://www.ibupedia.com/

Bicara dengan Orang Terdekat

Cara pertama ketika Moms merasa mengalami stres saat hamil adalah bicarakan dengan orang terdekat, suami misalnya. Dengan menceritakan kecemasan Moms, maka hal tersebut bisa membantu ibu hamil merasa lebih baik. Moms juga bisa berbagi pengalaman dengan sesama ibu hamil lain.

Bicara dengan Orang Terdekat
source: https://www.liputan6.com/
baca juga

Istirahat Cukup

Ibu hamil perlu istirahat cukup. Mengapa? Karena Moms perlu memiliki waktu istirahat dan waktu personal untuk diri sendiri dan janin. Ketika beristirahat jangan lupa untuk menyanyikan lagu untuk si kecil dalam perut. Hal tersebut dapat menguatkan ikatan Mommies dan bayi dalam kandungan.

Berolahraga

Ibu hamil berolahraga itu tidak apa-apa, Moms. Karena ternyata berolahraga dipercaya bisa membantu memperbaiki suasana hati, lho. Lakukan olahraga yang ringan saja, seperti berenang atau sekedar jalan-jalan santai saja.

Berolahraga
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Membuat Daftar Keperluan

Membuat daftar keperluan adalah salah satu cara mengatasi stres ibu hamil. Karena dengan menuliskan apa saja yang Mommies perlukan, maka Moms akan mengetahui keperluan mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu. Daftar keperluan akan membantu mendata agar tidak ada satu pun barang yang akan tertinggal. Jadi Moms tidak perlu cemas.

Membuat Daftar Keperluan
source: https://www.123rf.com/

Pola Makan yang Sehat

Cara terakhir untuk mengatasi stres pada masa kehamilan adalah dengan memilih pola makan yang sehat. Makanan sehat diperlukan untuk kesehatan fisik sekaligus psikis. Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin, dan mineral yang cukup. Moms juga harus mencukupi minuman air putih setidaknya 1,5 liter per hari.

Pola Makan yang Sehat
source: https://www.klikdokter.com/

Moms, itu tadi cara menghindari stres saat hamil yang bisa Moms lakukan. Hal terpenting adalah jalani kehamilan Moms dengan hati yang lapang dan riang, serta jaga kesehatan ya, Moms. Happy pregnancy, Mommies.