Kue balok adalah jajan manis yang berbentuk seperti pukis, hanya saja memiliki tekstur yang lebih padat sehingga lebih mengenyangkan. Kue ini paling cocok dinikmati bersama susu atau kopi, bisa dijadikan menu sarapan atau sekedar dinikmati hangat-hangat sebagai kudapan. Kue balok sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda, kue ini termasuk kue rakyat karena dibandrol dengan harga yang cukup murah. Kenikmatan kue balok dapat tetap terjaga berkat cara memasaknya yang masih tradisional dan dipertahankan hingga sekarang, kue ini dipanggang menggunakan tungku arang dari dua arah yaitu atas dan bawah.

Aneka Kreasi Kue Balok Kekinian yang Lezat untuk Berbuka Puasa

Kue Balok Khas Bandung

Diyakini, resep kue balok pertama kali ditemukan oleh Abah Madkasik, seorang yang dulunya bekerja sebagai juru masak warga Belanda. Saat itu Abah Madkasik ditugaskan untuk membuat bekal yang padat, tahan, lama, dan mengenyangkan, lalu terciptalah kue balok. Pada tahun 1930 Abah Madkasik memulai usaha menjual kue balok di Jalan Jamika, Bandung. Usaha ini berkembang, kemudian masing-masing putra Abah Madkasik mulai membuka usaha kue balok sendiri dengan mengembangkan pola resep original dengan cara yang berbeda-beda.

Kue Balok Khas Bandung
baca juga

Kreasi Kue Balok

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula selera masyarakat. Bermunculanlah beragam kreasi kue balok yang lebih kekinian dan mengikuti selera para milenial. Salah satu kedai kue balok yang amat terkenal yaitu kue balok Mang Udju, berlokasi di Cihapit kue balok ini dikreasikan dengan berbagai rasa seperti strawberry, cokelat, kismis, dan almond. Kue balok yang awalnya bertekstur sangat padat ini juga dibuat lebih lembut dengan menambahkan susu murni pada adonan. Selain Mang Udju, semakin terkenalnya kue balok juga membuat beberapa pengusaha kue balok lain mengkreasikan kue ini dengan lebih kreatif.

Kreasi Kue Balok

Kue Balok Lumer

Tak hanya dalam hal rasa, kue balok juga dikreasikan dalam tekstur dan bentuk. Salah satunya yaitu kue balok lumer. Kue balok ini memiliki tekstur yang garing di luar dan lumer di dalam. Sebenarnya tidak ada bahan yang membedakan kue balok lumer dengan kue balok biasa, yang berbeda hanya dalam teknik memasaknya.  

Kue Balok Lumer
baca juga

Kue Balok Brownies

Jika aslinya kue balok dijuluki sebagai jibeuh, yaitu singkatan hiji oge seubeuh yang berarti satu saja kenyang, alias kue ini terasa sangat padat dan mengenyangkan. Maka salah satu kreasi kue balok kekinian adalah kue balok brownis yang memiliki tekstur lebih ringan karena terbuat dari adonan brownis yang cara pemasakan dan pencetakannya disamakan dengan kue balok
tradisional. 

Kue Balok Brownies

Kue Balok Greentea

Kreasi makanan tradisional rasanya tidak akan lengkap jika tidak ada varian greentea. Kreasi kue balok grentea juga menjadi salah satu favorit, rasa greentea yang cocok di lidah para milenial yang dipadukan dengan manis serta hangatnya kue balok membuat siapa saja yang mencoba ketagihan. Untuk membuat kue balok greentea cukup tambahkan bubuk greentea ke dalam adonan kue balok original.

Kue Balok Greentea