Membicarakan jajanan khas Sunda sepertinya memang tak ada habisnya. Salah satu jajanan kaki lima khas Sunda yang sangat banyak digemari dan sudah populer di Indonesia yaitu tahu gejrot. Tahu gejrot adalah tahu goreng yang disajikan bersama kuah manis pedas nan gurih. Dalam penyajiannya tahu akan dipotong kecil-kecil kemudian di siram menggunakan kuah dan ditambah ulekan bawang merah serta cabe rawit.

Tahu gejrot biasa disajikan atas piring gerabah kecil dan dinikmati dengan cara ditusuk menggunakan biting, yaitu tusuk kecil yang terbuat dari bambu atau kayu.

Jadi Pilihan Alternatif Berbuka Puasa, Cari Tahu Yuk Asal Usul dan Resep Tahu Gejrot

Asal-Usul Tahu Gejrot

Tahu gejrot merupakan kuliner asli Cirebon, di mana di daerah ini masih terdapat sekitar 6 pabrik tahu gejrot yang masih aktif berproduksi hingga kini. Jenis tahu yang diproduksi di Cirebon disebut tahu gembos, yaitu tahu yang tengahnya kopong atau tidak memiliki isi yang padat. Tahu gejrot asli Cirebon dihidangkan bersama kuah kecap, cabai rawit, bawang merah, dan gula merah.

Asal penamaan tahu gejrot sendiri yaitu dari para pedagang tahu keliling yang sudah menyediakan kuah gula merah di dalam wadah botol, lalu ketika disiramkan ke tahu kuah tersebut akan keluar dan menimbulkan bunyi jrot-jrot. Dan karena yang disiram kuah adalah tahu maka kuliner ini disebut sebagai tahu gejrot.  

Asal-Usul Tahu Gejrot
baca juga

Resep Tahu Gejrot

Menikmati tahu gejrot di pinggir jalan dengan penyajian khasnya yang menggunakan piring gerabah dan biting mungkin terasa sangat nikmat. Namun seringkali porsi tahu gejrot yang kecil membuat moms tidak puas jika hanya menikmati satu porsi. Jadi tidak ada salahnya jika moms mencoba membuat tahu gejrot dengan resep sendiri agar lebih puas dan tentunya lebih sehat.

Resep Tahu Gejrot

Cara Membuat Kuah Tahu Gejrot

Untuk membuat tahu gejrot pertama kali tentu harus menyiapkan kuahnya. Kuah manis gurih tahu gejrot ini dapat dibuat dari 1 sdm kecap manis, 1 sdm kecap asin, 2 sdm air gula jawa, gula merah yang disisir halus sekitar 3 sdm, dan setengah gelas air putih. Untuk membuatnya didihkan air bersama bahan-bahan yang tekah disebutkan tadi kemudian sisihkan sebentar.

Cara Membuat Kuah Tahu Gejrot
baca juga

Cara Membuat Tahu Gejrot

Sementara itu untuk tahu goreng dan bumbu ulek, bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • 10 buah tahu gembos
  • minyak goreng secukupnya,
  • 4 siung bawang merah,
  • 2 siung bawang putih,
  • 9 buah cabai rawit, dan
  • garam secukupnya.
Cara membuatnya:
Goreng tahu menggunakan minyak panas hingga matang lalu potong-potong kecil, sisihkah. Siapkan cobek kemudian ulek kasar bumbu yang telah disebutkan, kemudian siram dengan sedikit minyak panas. Sajikan tahu gejrot dengan cara mencampur potongan tahu dengan bumbu ulek, kemudian siramkan kuah yang sebelumnya telah dibuat. 
Cara Membuat Tahu Gejrot